Akibat Sanksi dari WADA, Bendera Merah Putih Dilarang Berkibar Andai Indonesia Juara Piala Thomas

- Sabtu, 16 Oktober 2021 | 18:24 WIB
Ilustrasi mengibarkan bendera merah putih (Foto: Mufid Majnun dari Pixabay )
Ilustrasi mengibarkan bendera merah putih (Foto: Mufid Majnun dari Pixabay )

HALUANRIAU.CO, BADMINTON - Bendera merah putih terancam tak dapat berkibar bila Anthony Ginting dan koleg berhasil memenangkan laga final Piala Thomas.

Larangan tersebut merupakan buntut dari hukuman yang diberikan Badan Anti-Doping Dunia (WADA) kepada Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI).

Nantinya, tim Piala Thoma Indonesia hanya bisa selebrasi menggunakan bendera federasi yakni Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI).

Untungnya, Indonesia masih bisa menyanyikan lagu 'Indonesia Raya' jika berhasil memenangkan laga.

"Info yang saya dapatkan dari Kabid Luar Negeri PP PBSI, Bambang Roedyanto, infonya memang seperti itu. Jadi tidak ada bendera Merah Putih, tetapi diganti logo PBSI," ucap Kepala Bidang Humas dan Media PBSI, Broto Happy, kepada kumparan, Sabtu (16/10).

Baca Juga: Anak Hilang Selama 5 Tahun, Ini Cuitan Netizen

Larangan tersebut dikarenakan LADI dinilai tidak patuh dalam melaksanakan pengujian doping yang efektif kepada tiap atlet di seluruh cabang olahraga pada Jumat (8/10) lalu.

Dengan begitu, atlet-atlet Indonesia yang ikut dalam kompetisi internasional tak bisa mengibarkan bendera 'Merah Putih' saat berlaga.

Hukuman lainnya berupa larangan menjadi tuan rumah kejuaraan regional, kontinental, atau internasional selama masa penangguhan ini.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: Kumparan.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lionel Messi Kembali Terima Ballon d'Or Ketujuh

Selasa, 30 November 2021 | 09:35 WIB
X