Dugaan Suap Jual Beli Jabatan, OTT KPK Amankan 10 Orang di Probolinggo

- Senin, 30 Agustus 2021 | 09:56 WIB
Hj. P. Tantriana Sari, SE Bupati Probolinggo   |  Sumber : Youtube Channel Humas Kab Probolinggo
Hj. P. Tantriana Sari, SE Bupati Probolinggo | Sumber : Youtube Channel Humas Kab Probolinggo

HALUANRIAU.CO, PROBOLINGGO - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) lakukan operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan di Probolinggo, Jawa Timur.

Dalam OTT tersebut KPK menangkap 10 orang, yang kini tengah diperiksa di Polda Jawa Timur.

Dua pejabat yang ditangkap dalam OTT tersebut adalah Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari beserta suaminya yang merupakan seorang Anggota DPR RI dari Fraksi NasDem Hasan Aminuddin.

Puput Tantriana diketahui menjabat sebagai Bupati Probolinggo sejak 2013. Saat ini, dia menjabat di periode kedua yakni 2018-2023.

Sedangkan Hasan merupakan politikus NasDem yang saat ini menempati posisi di DPR RI. Sebelum melangkah ke Senayan, Hasan merupakan Bupati Probolinggo dua periode.

Sementara delapan orang lainnya yang turut diamankan dalam OTT-KPK">OTT KPK tersebut adalah FR; PJK; PR; IS;DK;MR;SM; dan HC. Mereka ditangkap atas dugaan suap jual beli jabatan pemilihan kepala desa di Probolinggo.

Dalam OTT tersebut, sejauh ini, diduga diamankan uang Rp 360 juta.

Saat ini, keduanya masih berstatus sebagai terperiksa. KPK punya waktu 1 x 24 jam untuk menentukan status hukum mereka, apakah akan dinaikan statusnya menjadi tersangka atau tidak.

Ada pun yang berhasil melakukan OTT ini merupakan satuan tugas di bawah pimpinan Harun Al Rasyid. Dia merupakan salah satu kasatgas penyelidik yang dinonaktifkan karena tak lulus TWK.

Meski nonaktif, Harun disebut masih memberikan masukan dan arahan sehingga satgas tersebut berhasil melakukan tangkap tangan.

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron membenarkan adanya OTT ini. Meski demikian, dia belum merinci lebih lanjut.

"Sementara dapat saya sampaikan bahwa benar KPK telah melakukan giat penangkapan, selanjutnya nanti akan kami release," ucap Ghufron.

Editor: Taufik Ilham

Sumber: Kumparan.com

Tags

Terkini

Sebanyak 1.826 Prajurit TNI Terinfeksi HIV-AIDS

Sabtu, 4 Desember 2021 | 14:02 WIB
X