Bukan Menakut-nakuti Jakarta Terancam Tsunami Raksasa Sampai Istana

- Minggu, 22 Agustus 2021 | 12:51 WIB
Ilustrasi tsunami (galamedia)
Ilustrasi tsunami (galamedia)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kembali mengungkapkan bahwa DKI Jakarta terancam terjadi Tsunami raksasa akibat gempa megathrust di Selat Sunda.

BMKG pun menyiapkan pemodelan gempa di Selat Sunda yang bisa memicu tsunami hingga ke Jakarta.

Menurut Koordinator Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono, dua hal yang dapat memicu tsunami di Selat Sunda yakni erupsi gunung api dan gempa tektonik yang bersumber di zona megathrust.

Berdasarkan catatan sejarah, tsunami akibat erupsi Gunung Krakatau pada 1883 mampu menjangkau pantai Jakarta karena tinggi tsunami diau.bernya mwncapai 30 meter.

"Sedangkan tsunami pada 2018 lebih kecil sehingga tidak sampai Jakarta. Untuk mengetahui apakah tsunami akibat gempa  megathrust Selat Sunda dapat mencapai Jakarta, maka diperlukan pemodelan tsunami," ujar Daryono seperti ditulis pada akun Instagram pribadinya.

Pemodelan tsunami Selat Sunda akibat gempa magnitudo 8,7 yang dilakukan BMKG menunjukkan bila tsunami dapat sampai pantai Jakarta.

Hasil pemodelan menunjukkan tsunami sampai di pantai Jakarta dalam waktu sekitar 3 jam setelah gempa, dengan tinggi 0,5 meter di Kapuk Muara - Kamal Muara dan 0,6 meter di Ancol - Tanjung Priok.

Dia menjelaskan, pemodelan tsunami diukur dari muka air laut rata-rata.

"Dalam kasus terburuk, jika tsunami terjadi saat pasang, maka tinggi tsunami dapat bertambah," kata Daryono seperti dikutip Ayoindonesia.com, Sabtu 21 Agustus 2021.

Selain itu, ketinggian tsunami juga dapat bertambah jika pesisir Jakarta sudah mengalami penurunan permukaan.

Halaman:

Editor: Eka Buana Putra

Sumber: Ayo Indonesia

Tags

Terkini

Dubes Ukraina Ingatkan Ri Tipu Muslihat Putin

Selasa, 5 Juli 2022 | 13:12 WIB

10 Hari Lagi, Gaji ke-13 PNS Cair

Selasa, 21 Juni 2022 | 12:03 WIB
X