Pakai Baju Adat Baduy di Sidang Tahunan MPR, Jokowi: Desainnya Sederhana, Nyaman Dipakai

- Senin, 16 Agustus 2021 | 14:58 WIB

HALUANRIAU.CO, JAKARTA - Dalam Sidang Tahunan MPR dan sidang bersama DPR dan DPD tentang Penyampaian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Indonesia (RAPBN) TA 2022 di Gedung parlemen Senayan Jakarta, Senin (16/8/2021), Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenakan busana adat Baduy.

"Busana yang saya pakai adalah pakaian adat Suku Baduy, saya suka karena desainnya yang sederhana, simpel, dan nyaman dipakai," katanya.

"Saya juga ingin menyampaikan terima kasih kepada pak Jaro Saija Ketua Adat masyarakat Baduy yang telah menyiapkan baju adat ini," sambungnya.

Jokowi tampak mengenakan pakaian adat dari suku Baduy guna menyampaikan pidato kenegaraan dalam sidang tahunan yang masih dalam masa pandemi Covid-19 ini. Jokowi memilih mengenakan baju baduy warna hitam, warna ini biasa digunakan oleh Suku Baduy Dalam.

Melengkapi penampilannya, Jokowi juga tampak membawa sebuah aksesoris khwas Suku Baduy, yakni tas yang terbuat dari kulit kayu.

Tiba di Gedung parlemen, Senayan, Jakarta, Jokowi juga tidak mengenakan sepatu sebagai alas kakinya, melainkan sandal selaiknya warga Baduy selama ini.

Sidang Tahunan MPR dan sidang bersama DPR dan DPD tentang Penyampaian RAPBN TA 2022 digelar secara daring dan luring dengan protokol kesehatan Covid-19 yang sangat ketat. Hal itu tampak dari tamu undangan yang dibatasi. (Pikiran-Rakyat.com/Amir Faisol)

Editor: Bagus Pribadi

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Terkini

10 Hari Lagi, Gaji ke-13 PNS Cair

Selasa, 21 Juni 2022 | 12:03 WIB

Indonesia Raih Penghargaan Kependudukan dari PBB

Selasa, 14 Juni 2022 | 10:13 WIB
X