KPID Jabar Catat 9 Program TV Pernikahan Artis yang Langgar Etika Penyiaran

- Sabtu, 14 Agustus 2021 | 16:31 WIB
(Twitter/@Lesti_Jenong_DA)
(Twitter/@Lesti_Jenong_DA)

HALUANRIAU.CO, JAWA BARAT - Pernikahan Lesti Kejora-Rizky Billar yang bahkan ditayangkan dalam beberapa tahapan di acara televisi menuai sorotan. Apalagi durasi penayangannya dianggap keterlaluan.

Ketua KPID Jawa Barat, Adiyana Slamet menyatakan telah melayangkan surat ke KPI Pusat agar menegur stasiun televisi yang menayangkan pernikahan artis. Rekomendasi ini pun menyangkut Antv yang menyiarkan pernikahan Lesti Kejora-Rizky Billar.

Stasiun televisi dinilai melanggar etika penyiaran karena memanfaatkan frekuensi publik untuk kepentingan non publik yang melampaui batas, khususnya dalam tayangan pernikahan artis Lesti Kejora-Rizky Billar.

“Hal tersebut berdasarkan aduan dari masyarakat, semuanya dikaji dengan hati-hati sebelum dan ketika rapat pleno,” kata Adiyana dilansir dari Pikiran Rakyat, Sabtu (14/8/2021).

Selain pernikahan Lesti Kejora-Rizky Billar, KPID Jabar mencatat ada sembilan program televisi yang juga menyiarkan pernikahan para artis. Kesembilan program televisi ini dihimpun dalam kurun waktu 13 Maret 2021 sampai 8 Agustus 2021.

KPID Jabar juga melakukan kajian aduan masyarakat mengenai program pernikahan selebritas tersebut bersama pakar komunikasi dari FIKOM UNPAD. Program tayangan-tayangan tersebut menyangkut tiga pernikahan artis yaitu Atta-Aurel, Ifan Seventeen dan Citra Monica dan Lesti-Billar,” kata Adiyana.

Sebanyak 9 program tersebut yakni:

1. Silet, barista menayangkan prosesi lamaran Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah yang tayang secara live.

2. Silet, menayangkan prosesi siraman Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah ditayangkan live.

3. “Ikatan Cinta Aurel-Atta” menayangkan prosesi siraman Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah ditayangkan live.

Halaman:

Editor: Bagus Pribadi

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Terkini

Pertalite Kritis, Masyarakat Diminta Berhemat

Kamis, 11 Agustus 2022 | 17:37 WIB

LPSK Sebut Istri Fredy Sambo Kurang Kooperatif

Rabu, 10 Agustus 2022 | 18:06 WIB

Perdana, AHM Hadirkan Program Vokasi Berbasis TEFA

Rabu, 3 Agustus 2022 | 17:55 WIB
X