PSI dan PDI Perjuangan akan Interpelasi Anies Baswedan

- Rabu, 11 Agustus 2021 | 11:22 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

HALUANRIAU.CO, JAKARTA - DKI Jakarta rencananya akan menggelar pelaksanaan balap mobil Formula E yang akan dilaksanakan pada Juni 2022 mendatang bertepatan dengan HUT DKI Jakarta.

"Kita tunggu keputusan dari sana, Jakpro dan Dinas Pemuda Olahraga (Dispora) yang berkoordinasi dengan pihak Formula E," kata Riza di Jakarta, Selasa, 10 Agustus 2021.

Namun nampaknya rencana Formula E tersebut akan mendapatkan rintangan setelah dua partai yakni PSI dan PDI Perjuangan akan melakukan interpelasi kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait perencanaan Formula E tersebut.

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DKI Jakarta menyambut baik rencana Fraksi PDIP DPRD DKI untuk mengajukan hak interpelasi guna mempertanyakan isu Formula E. Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PSI DKI Michael Victor Sianipar menyatakan dua fraksi, yakni partainya dan PDIP, sudah memenuhi syarat pengajuan interpelasi.

"Sebelumnya hanya PSI yang secara konsisten keras menolak Formula E dari awal," kata dia dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 10 Agustus 2021. Jika ada partai lain yang melihat uang rakyat dihambur-hamburkan di Formula E tentu saja akan disambut baik oleh PSI.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memasukkan pelaksanaan Formula E sebagai prioritas Jakarta 2021-2022. Ajang balap mobil listrik itu ditargetkan berlangsung di Ibu Kota pada Juni 2022 bertepatan dengan ulang tahun DKI.

Formula E yang sudah masuk dalam target prioritas 2022 itu sudah tertuang dalam Instruksi Gubernur DKI Nomor 49 Tahun 2021 tentang Penyelesaian Isu Prioritas Daerah Tahun 2021-2022. Instruksi ditujukan kepada Sekretaris Daerah atau Sekda DKI Marullah Matali.

Michael mengatakan syarat mengajukan hak interpelasi cukup hanya dua fraksi dengan total lebih dari 15 orang yang sepakat. PSI akan mengkritisi Anies bersama PDIP.

Interpelasi yang dilakukan dianggap sebagai bentuk kritikan terhadap gubernur dalam rencana pagelaran Formula E di Jakarta tahun 2022. "Kalau bisa jangan hanya interpelasi, tapi sekaligus ajukan hak angket," ujar dia.

Perhelatan Formula E di Jakarta semula dijadwalkan pada 6 Juni 2020. Balapan ditunda karena pandemi Covid-19 .

Halaman:

Editor: Eka Buana Putra

Sumber: Tempo.co

Tags

Terkini

10 Hari Lagi, Gaji ke-13 PNS Cair

Selasa, 21 Juni 2022 | 12:03 WIB

Indonesia Raih Penghargaan Kependudukan dari PBB

Selasa, 14 Juni 2022 | 10:13 WIB
X