Jawab Isu Janji Tak Nyapres Jika Prabowo Naik: Full 5 Tahun di Jakarta, Selebihnya Tidak Ada

- Sabtu, 11 Februari 2023 | 14:12 WIB
Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (Akun Youtube Merry Riana)
Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (Akun Youtube Merry Riana)

HALUANRIAU.CO, JAKARTA - Anies Baswedan akhirnya buka suara terkait beredar isu dirinya tidak akan mencalonkan diri menjadi Calon Presiden (Capres), jika Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto maju di pilpres mendatang.

Dilansir dari kanal YouTube Merry Riana, Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut mengaku bahwa hal tersebut bentuk dari sebuah kekeliruan.

Menurutnya, saat itu ia hanya berkomitmen untuk fokus menyelesaikan tugasnya sebagai Gubernur DKI Jakarta selama 5 tahun dan tidak akan sibuk ikut Pilpres 2019 lalu.

"Sebenarnya sangat sederhana, saya sampaikan pada waktu mulai bekerja, bahwa saya fokus di Jakarta 5 tahun dan sesudah Pilkada 2017 itu ada Pilpres 2019," kata Anies Baswedan seperti dikutip penulis dari kanal YouTube Merry Riana pada Sabtu (11/2/2023).

"Jadi saya sampaikan saya tidak akan tengok kanan kiri, saya akan full (penuh) 5 tahun di Jakarta. Karena itu saya tidak akan mengikuti Pilpres," tambahnya.

Selain itu, ia mengaku tidak pernah membuat janji secara rinci terkait dirinya tidak akan ikut mencalonkan diri apabila Prabowo Subianto maju di tahun 2024 maupun kedepannya.

"Memang ketika ngobrol itu memang tidak sebut tahun, misal saya berjanji, tidak, (melainkan) saya berjanji menyelesaikan 5 tahun, tidak ada menyebut 5 tahun sampai tahun 2022, kemudian tidak akan ikut satu dua dan (seterusnya), ya kita-kita begitulah," tutur mantan Menteri Pendidikan tersebut.

Anies Baswedan saat itu memilih untuk fokus menyelesaikan tugasnya 5 tahun sebagai Gubernur DKI Jakarta dikarenakan ia sendiri tidak mengetahui apa yang akan terjadi dengan dirinya kedepan.

Baca Juga: Kecelakaan Terjadi di Kecamatan Perhentian Raja, Mobil Minibus Remuk

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Sumber: Suara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kemenkeu: Gaji ke-13 PNS Cair 5 Juni

Sabtu, 27 Mei 2023 | 16:49 WIB

Pelaku Penembakan Kantor MUI Meninggal Dunia

Selasa, 2 Mei 2023 | 13:05 WIB
X