Lawan Covid-19, Bima Arya : Jangan Hanya Fokus Pada Prokes Tapi Mengabaikan Aspek Sosial

- Selasa, 10 Agustus 2021 | 11:04 WIB

HALUANRIAU.CO, JAKARTA - Pemerintah hingga saat ini tengah berupaya mengendalikan penyebaran Covid-19 Indonesia.

Berbagai kebijakan silih berganti diterapkan, mulai dari masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Kabar terakhir, PPKM Jawa-Bali diperpanjang hingga 16 Agustus, sedangkan PPKM diluar Jawa-Bali diperpanjang hingga 23 Agustus mendatang.

Kebijakan tersebut telah mengganggu sektor sosial dan ekonomi masyarakat, terutama yang menggantungkan hidup dengan penghasilan harian, mau tidak mau mengikuti kebijakan PPKM tersebut.

Akibatnya, jika masyarakat yang berdagang sebelum pandemi bisa bebas berjualan kapanpun, maka di masa pandemi khususnya saat PPKM, kegiatan akan dibatasi dengan waktu yang telah ditentukan.

Menyadari dampak PPKM yang dirasakan terutama oleh masyarakat bawah, Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Bima Arya memberikan peringatan kepada para pemerintah kota.

Dia berharap agar pemerintah kota yang ada di Indonesia bisa mewaspadai potensi terjadinya gejolak sosial ekonomi di masyarakat bawah.

"Harus hati-hati dan juga fokus membangun harmoni di masyarakat bawah. Jangan hanya fokus pada protokol kesehatan, tapi mengabaikan aspek sosial ekonominya. Ini harus menjadi perhatian bersama," katanya saat memimpin rapat Dewan Pengurus Apeksi secara virtual dari Balai Kota Bogor, Senin 9 Agustus 2021.

Bima Arya menuturkan, masyarakat bawah yang penghasilannya menurun drastis, apalagi banyak yang kehilangan pekerjaan dan tidak bekerja, harus mendapat perhatian dari pemerintah setempat.

Tak hanya itu saja, Bima Arya juga mengingatkan agar dampak terhadap psikologis anak-anak juga patut diperhatikan. Berita ini dikutip Haluanriau.co dari Waspadai Potensi Gejolak Sosial Ekonomi di Masyarakat Bawah Terdampak PPKM.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Terkini

10 Hari Lagi, Gaji ke-13 PNS Cair

Selasa, 21 Juni 2022 | 12:03 WIB

Indonesia Raih Penghargaan Kependudukan dari PBB

Selasa, 14 Juni 2022 | 10:13 WIB
X