Fasilitasi Anak-Anak Kehilangan Orangtua Karena Covid-19, Risma Rincikan Beberapa Program

- Jumat, 6 Agustus 2021 | 15:29 WIB
Menteri Sosial Tri Rismaharini   |  Pikiran Rakyat/Amir Faisol
Menteri Sosial Tri Rismaharini | Pikiran Rakyat/Amir Faisol

HALUANRIAU.CO, JAKARTA - Dihimpun dari data Satuan Bakti Pekerja Sosial (Sakti Peksos), tercatat ada 166 anak di Jawa Timur kehilangan orangtua karena Covid-19, yang tersebar di 7 kabupaten/kota yang ada di Jawa Timur.

Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan dari data tersebut 12 anak menjadi yatim piatu, 58 anak menjadi piatu dan 89 anak menjadi yatim serta 8 anak sedang dalam konfirmasi.

Selanjutnya dia juga merinci di Yogyakarta, terdapat 142 anak yang ditinggal oleh orangtuanya, sebanyak 19 anak kehilangan kedua orangtuanya, 92 anak kehilangan ayah dan 31 anak kehilangan Ibu.

Risma menyebutkan, data akurat by name by address terkait anak yatim, piatu dan yatim piatu yang orangtuanya meninggal karena terpapar Covid-19 masih dalam proses pengumpulan.

"Namun para pendamping juga telah melaksanakan respons kasus untuk anak-anak tersebut," kata Risma dalam keterangannya, Jumat, 6 Agustus 2021. Dikutip Haluanriau.co dari Banyak Anak Kehilangan Orangtua Karena Covid-19, Risma Beberkan Langkah Kemensos.

Kemensos juga memberikan dukungan secara langsung melalui Program Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI). Program tersebut diantaranya mencakup pemenuhan kebutuhan dasar anak seperti bantuan obat-obatan, vitamin, tes swab/PCR, vaksinasi dan kebutuhan dasar anak lainnya.

Termasuk memberikan konseling kepada anak-anak dan keluarganya.

Selanjutnya, untuk mencegah anak kehilangan hak pengasuhannya, Kementerian Sosial juga telah melakukan reunifikasi anak dengan keluarga besarnya.

Termasuk memfasilitasi pengasuhan alternatif melalui pengasuhan oleh orangtua asuh (foster care)/wali/pengangkatan anak dan pengasuhan anak melalui panti-panti, seperti halnya Vino (10) yang tinggal di Kutai Barat, Kalimantan Timur.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Terkini

Pertalite Kritis, Masyarakat Diminta Berhemat

Kamis, 11 Agustus 2022 | 17:37 WIB

LPSK Sebut Istri Fredy Sambo Kurang Kooperatif

Rabu, 10 Agustus 2022 | 18:06 WIB

Perdana, AHM Hadirkan Program Vokasi Berbasis TEFA

Rabu, 3 Agustus 2022 | 17:55 WIB
X