Diguncang Gempa, NTT Alami Magnitudo Berbeda 3 Hari Berturut-turut

- Kamis, 5 Agustus 2021 | 15:02 WIB
(BMKG)
(BMKG)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Gempa bumi mengguncang wilayah Larantuka, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Kamis (5/8/2021).

Kekuatan gempa bumi yang mengguncang Larantuka, NTT itu tercatat oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dengan magnitudo 5,6.

Selain itu, BMKG juga mencatat gempa bumi yang mengguncang Larantuka, NTT tersebut berada di titik koordinat 7.77 LS-122.83 BT (62 km Barat Laut).

Kejadian gempa bumi tersebut dicatat oleh BMKG terjadi pada kedalaman 540 km dan guncangan terasa pada pukul 12.06 WIB.

BMKG telah memastikan bahwa gempa yang mengguncang Larantuka, NTT itu tidak berpotensi tsunami. Hanya saja, BMKG tetap meminta warga untuk waspada akan potensi gempa bumi susulan yang bisa terjadi.

“Hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi,” demikian rilis dari BMKG yang diterima haluanriau.co.

Wilayah NTT pada hari sebelumnya juga telah diguncang gempa dengan kekuatan guncangan magnitudo 5,2. Guncangan gempa bumi pada Rabu (4/8/2021) dini hari itu menerpa wilayah Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Menurut laman resminya Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang terpantau di Jakarta, menyebutkan gempa bumi terjadi pukul 02.44 WIB itu tidak berpotensi tsunami.

Pusat gempa terjadi di 9.30 Lintang Selatan (LS) - 119.32 Bujur Timur (BT) berada di laut pada kedalaman 28 kilometer atau berada 18 kilometer Timur Laut Tambolaka.

Dilansir dari Antara, gempa bumi tersebut dirasakan dalam skala MMI III-IV Tambolaka dan III Waikabubak. Skala Modified Mercalli Intensity (MMI) III berarti getaran gempa dirasakan nyata dalam rumah dan seakan-akan ada truk berlalu.

Halaman:

Editor: Bagus Pribadi

Sumber: BMKG

Tags

Terkini

X