Berlakukan SIM C Tiga Jenis, Pengendara Moge Bisa Langsung ke SIM C II

- Rabu, 4 Agustus 2021 | 15:08 WIB
Ilustrasi SIM C  |  Sumber : wowkeren.com
Ilustrasi SIM C | Sumber : wowkeren.com

 

 

HALUANRIAU.CO, JAKARTA - Bulan ini Kepolisian Republik Indonesia bersiap berlakukan SIM C tiga jenis. Nantinya SIM C yang ada di Indonesia akan terbagi menjadi tiga yaitu SIM C, SIM C1, dan SIM C2 yang dibagi berdasarkan besar kapasitas mesin motor.

Tetapi muncul polemik terkait aturan ini yang membuat para pengendara menjadi bingung.

Dalam Perpol Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penerbitan dan Penandaan Surat Izin Mengemudi, disebutkan bahwa untuk bisa mendapatkan SIM CI, pengendara motor wajib memiliki SIM C selama satu tahun, begitu seterusnya untuk setiap tingkatan SIM.

Ketentuan ini membuat para pengendara yang harusnya memiliki SIM C2 (motor di atas 500cc) bingung, karena mereka hanya bisa upgrade ke SIM C1 (motor dengan kapsitas silinder maksimal 250cc) dan harus vakum bermotor selama setahun sebelum mengurus SIM C2 di tahun 2022.

Untungnya, Kasi Standar Pengemudi Subdit SIM Regident Korlantas Polri, AKBP Arief Budiman memberikan jawaban atas pertanyaan ini.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari NTMC Polri pada Rabu, 4 Agustus 2021 menurut Arief para pengendara motor dengan mesin 500 CC ke atas akan dapat dispensasi dari pihak kepolisian.

Arief juga menjelaskan bahwa jika pengendara motor sudah memiliki SIM CII, tidak lagi diperlukan membawa SIM C atau SIM CI.

“Manakala kita sudah memiliki golongan SIM C yang paling tinggi, itu juga berlaku untuk golongan SIM di bawahnya,” kata Arief kembali.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Terkini

Sandiaga Uno: Bantuan Rp. 50 juta per UMKM

Jumat, 22 Oktober 2021 | 09:48 WIB

Analis Politik Anggap Ma'ruf Amin Cuma Ban Serep?

Kamis, 21 Oktober 2021 | 20:23 WIB

Banyak Kasus, Berikut Cara Cek Legalitas Pinjol

Kamis, 21 Oktober 2021 | 19:27 WIB
X