Di Hari Libur Kerja, Cabjari Tarempa Beri Penyuluhan Hukum di SMAN 1 Palmatak

- Sabtu, 1 Oktober 2022 | 15:08 WIB
Kacabjari Tarempa Roy Huffington Harahap mengenalkan institusi Kejaksaan kepada pelajar SMAN 1 Palmatak
Kacabjari Tarempa Roy Huffington Harahap mengenalkan institusi Kejaksaan kepada pelajar SMAN 1 Palmatak

HALUANRIAU.CO, NATUNA - Cabang Kejaksaan Negeri (Cabjari) Natuna di Tarempa menyambangi SMA Negeri 1 Palmatak, Sabtu (1/10). Di sekolah tersebut, Korps Adhyaksa tersebut memberikan penyuluhan hukum, salah satunya tentang bullying.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung Kepala Cabjari Tarempa, Roy Huffington Harahap. Dikatakan Roy, kegiatan ini merupakan diinisiasi dari Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Kepulauan Anambas.

"Tadi kita memberikan sosialisasi hukum dan mengenalkan institusi Kejaksaan serta profesi Jaksa kepada pelajar SMAN 1 Palmatak," ujar Roy Huffington.

Perjalanan dari Tarempa menuju Palmatak, disampaikannya, ditempuh dengan menggunakan Kapal Motor Kayu dengan jarak tempuh sekitar satu setengah jam dilanjutkan dengan kendaraan mobil dengan jarak tempuh sekitar setengah jam. Kendati dilaksanakan di hari libur kerja, tak menyurutkan semangat dirinya dan jajaran untuk bisa bertemu dengan pelajar di sekolah tersebut.

"Sebagai Kejaksaan di ujung negeri yang berbatasan dengan negara tetangga Malaysia, Vietnam dan Thailand maka letak geografis wilayah hukum Cabjari Tarempa banyak terdiri dari pulau-pulau dengan 3 pulau besar yaitu Siantan, Palmatak dan Jemaja. Transportasi utama untuk berkunjung ke Pulau Palmatak yaitu menggunakan Kapal Motor," jelas dia.

Disampaikan Roy, kedatangan dirinya dan jajaran disambut hangat oleh Kepala SMAN 1 Palmatak Rusnita beserta guru-guru dan perangkat sekolah lainnya. Para pelajar juga terlihat sangat antusias.

"Saat kunjungan tadi, hadir juga Asisten I Bidang Pemerintah Setdakab Kepulauan Anambas, Bapak Herianto, Kabag Hukum, Bapak Basiswan Mahulete, serta Kasubag Dokumentasi dan Informasi, Bapak M Ikhsan Humala Siregar," kata Jaksa yang pernah bertugas di Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kepulauan Riau (Kepri) itu.

Selain mengenalkan institusi Kejaksaan, pihaknya dalam penyuluhan hukum itu juga memberikan materi tentang Bullying dan Cyber Bullying. Materi itu disampaikannya oleh narasumber, Alvin Dwi Nanda yang merupakan Kasubsi Intel dan Datun Cabjari Tarempa.

Roy berharap, melalui kegiatan ini dapat menambah pengetahuan para pelajar tentang institusi Kejaksaan dan masalah hukum lainnya. Dengan begitu, akan membuat masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas khususnya generasi muda menjadi sadar hukum, sesuai tagline Kejaksaan 'Kenali Hukum, Jauhi Hukuman'.

"Besar harapan saya, banyak anak-anak putra daerah Anambas khususnya siswa-siswi SMAN 1 Palmatak yang akan melanjutkan pendidikan hukum dan memilih profesi sebagai Jaksa," pungkas Roy.

Halaman:

Editor: Dodi Ferdian

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Presidensi G20 2023 Resmi Diserahkan ke India

Rabu, 16 November 2022 | 14:59 WIB

Kelamin Bocah Terjepit Resleting, Damkar Turun Tangan

Selasa, 18 Oktober 2022 | 19:58 WIB
X