Suasana Hari Raya Idul Adha di Lapas Kelas IIA Bangkinang, Penuh Sukacita

- Selasa, 20 Juli 2021 | 15:35 WIB
Kepala Lapas (Kalapas) Kelas IIA Bangkinang Sutarno mengenakan (koko putih), saat proses penyembelihan hewan kurban.(amri)
Kepala Lapas (Kalapas) Kelas IIA Bangkinang Sutarno mengenakan (koko putih), saat proses penyembelihan hewan kurban.(amri)

HALUANRIAU.CO, KAMPAR-Momen hari raya Idul Adha juga dirasakan warga binaan yang berada di dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bangkinang. Suasana khidmat dirasakan warga binaan yang beragama Islam.

Di hari raya Idul Adha ini Lapas Kelas IIA Bangkinang memotong lima ekor hewan kurban, terdiri dari empat ekor kerbau dan satu ekor sapi.

Sebelum pemotongan hewan kurban, pegawai lapas dan warga binaan yang beragama Islam mengikuti salat Id di lapangan blok lama Lapas Bangkinang dan dipimpin Ustaz Hidayat, dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Kepala Lapas (Kalapas) Kelas IIA Bangkinang Sutarno mengatakan, Idul Adha merupakan momen untuk memperbaiki diri dan meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT dan menjadi motivasi diri untuk taat pada perintah Allah SWT dengan menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya.

Dia mengatakan, bagi warga binaan di dalam Lapas tetap mendapatkan haknya sebagai warga negara untuk beribadah sesuai dengan keyakinan masing-masing.

"Hari ini kita laksanakan sholat Idul Adha di lapangan blok lama bersama para pejabat struktural dan warga binaan pemasyarakatan. Selanjutnaya akan dilakukan penyembelihan hewan kurban, adapun hewan kurban di Lapas Bangkinang sebanyak lima ekor," kata Sutarno Rabu (20/7).

"Hewan kurban yang kita potong ini berasal dari sumbangan pegawai Lapas, keluarga tahanan dan juga tahanan. Kemudian ada juga pihak ketiga dari Mitra Koperasi menyumbang 1 ekor sapi," sambung dia.

Dia mengatakan, lima ekor hewan kurban itu akan dipotong secara bertahap yang dilakukan selama 3 hari sesuai arahan pemerintah.

Sebelumnya kata Kalapas, ada juga rencananya tambahan hewan kurban dari Pemerintah Daerah (Pemda) Kampar. Namun sebut dia pihaknya belum menerima hewan kurban tersebut.

"Hewan kurban dari pemda sampai saat ini belum ada, katanya kemarin ada. Sekda menyampaikan bahwa kami disuruh ngambil hewan kurban itu di Islamic Center Bangkinang, pas kami kesana posisinya belum ada," sebut Sutarno.

Halaman:

Editor: Eka Buana Putra

Sumber: Reporter: Amri

Tags

Terkini

Dedi Mulyadi Diperiksa, KPK Sodorkan 3 Pertanyaan

Rabu, 4 Agustus 2021 | 18:08 WIB
X