ADKI Registrasi 116 Nagari Wisata di Sumatera Barat, Bangkitkan Ekonomi Nagari bersama Kemenparekraf

- Sabtu, 17 Juli 2021 | 15:32 WIB
Pemerintah terus berupaya melakukan pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif, termasuk di Sumatera Barat (istimewa)
Pemerintah terus berupaya melakukan pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif, termasuk di Sumatera Barat (istimewa)

HALAUNRIAU.CO, PADANG-Dunia Pariwisata dan ekonomi kreatif menjadi salah satu sektor yang terdampak di tengah tingginya PosItive Rate Covid- 19 yang berujung pada pembatasan mobilitas masyarakat.

Pemerintah saat ini berupaya membangkitkan dua sektor tersebut, pariwisata & ekonomi kreatif.

Salah satu dari sekian banyak program yang diapungkan adalah pengembangan desa wisata oleh Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreaatif RI. Dalam hal pengembangan desa wisata ini, pemerintah tidak dapat bergerak sendiri, tetapi membutuhkan dukungan dari seluruh pemangku kepentingan, komunitas, terkhusus masyarakat desa wisata itu sendiri.

Sebaliknya, masyarakat desa tidak bisa dibiarkan bergerak sendiri tanpa dukungan dari pemerintah. Sebagai salah satu program pengembangan kepariwisataan Indonesia, pemerintah menggelar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021.

Dalam gelaran Anugerah Desa Wisata Indonesia yang secara resmi ditutup 16 Juli 2021, Asosiasi Desa Kreatif Indonesia sebagai salah perkumpulan yang mendukung penuh program Desa Wisata Kemenparekraf telah melakukan pendampingan dan mendaftarkan 174 Desa Binaan yang tersebar di 6 Provinsi Utama, antara lain Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan, dan Nusa Tenggara Barat.

Ketua Umum Asosiasi Desa Kreatif Indonesia, Fikri El- Aziz menyampaikan bahwa ADKI mendukung penuh langkah Kemenparekraf RI dalam mengembangkan Desa Wisata sebagai Program Utama yang mendukung pemulihan ekonomi, khususnya ekonomi di desa di masa Pandemi Covid-19

“ADKI telah mendukung penuh program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI), dengan mendaftarkan 174 Desa Wisata yang tersebar di Indonesia. Sumatera Barat terbanyak dengan 116 Desa, dengan konsentrasi Penuh di Kabupaten Lima Puluh Kota, Pesisir Selatan, Tanah Datar, dan Agam.”

Program Anugerah Desa Wisata Indonesia diharapkan mampu mewujudkan visi "Indonesia sebagai Negara Tujuan Pariwisata Berkelas Dunia, Berdaya Saing, Berkelanjutan dan Mampu Mendorong Pembangunan Daerah dan Kesejahteraan Rakyat".

Di waktu terpisah, dalam pertemuan khusus dengan Pengurus ADKI, Bupati Agam Andri Warman menyampaikan mendukung penuh langkah- langkah strategis ADKI Sumatera Barat, khususnya Kab. Agam dalam melakukan pelatihan & pendampingan desa wisata/ desa kreatif di Nagari- Nagari yang berada di Kabupaten Agam.

Halaman:

Editor: Eka Buana Putra

Sumber: istimewa

Tags

Terkini

Aduh, Ada Sinyal PPKM Level IV Diperpanjang

Senin, 2 Agustus 2021 | 09:54 WIB

Tokoh Muda NU Tanyakan Dana Baliho Puan Maharani

Sabtu, 31 Juli 2021 | 16:40 WIB

Pemko Pariaman Dorong Petani Kelola Lahan Tidur

Sabtu, 31 Juli 2021 | 15:12 WIB

Ini Makna Logo, Tema dan Pedoman HUT RI ke 76

Jumat, 30 Juli 2021 | 21:43 WIB

HIPMI Bantu Pemerintah Tangani Covid-19

Jumat, 30 Juli 2021 | 17:45 WIB

AS Beri Rp1,4 Juta kepada Warganya yang Divaksin

Jumat, 30 Juli 2021 | 15:34 WIB
X