Zubairi Djoerban: Pengawasan Ketat Bukan Untuk Kekerasan

- Jumat, 16 Juli 2021 | 15:49 WIB
Ketua Satgas Covid-19 IDI, Zubairi Djoerban
Ketua Satgas Covid-19 IDI, Zubairi Djoerban

HALUANRIAU.CO, JAKARTA-Penanganan penularan Covid-19 di Indonesia saat ini terus berjalan, dimana salah satunya adalah dengan Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat disebagian besar wilayah Indonesia.

Namun pelaksaaan PPKM ini masih harus dilakukan evaluasi, terutama perilaku Satuan Tugas Covid-19 yang semena mena saat menjalankan tugas mereka.

Prilaku oknum pengawas PPKM ini mendapatkan kritikan dari Ketua Satgas Penanganan Covid-19 dari IDI, Profesor Zubairi Djoerban.

"Yang dimaksud pengawasan ketat oleh para guru besar itu bukan berarti bisa melakukan apapun terhadap masyarakat," tulis Zubairi Djoerban.

Sebagaimana diketahui, sesuai surat dari pemrerintah pusat bahwa pelaksanaan PPKM Darurat ini akan berlangsung hingga 0 Juli 2021, sejak dimulai 3 Juli 2021 lalu.

Banyak tindakan tindakan dari Satgas Covid-19 yang dilakukan secara arogan dan sangat merugikan bagi masyarakat, bahkan beberapa tindakan kontorversial itu sempat viral karena tersebar rekaman saat tindakan dilakukan.

Mulai dari penyiraman terhadap warung-warung, pengambilan barang-barang, denda dengan jumlah jutaan rupiah, hingga pemukulan terhadap seorang perempuan yang sedang hamil oleh oknum Satpol PP, keributan dengan anggota Paspampres dan lainnya.

Hal tersebut menjadi sorotan bagi Zubairi Djoerban di tengah berlakunya PPKM Darurat saat ini dan mengingatkan mengingatkan maksud dari pengawasan ketat saat PPKM Darurat yang sedang diberlakukan.

Pengawasan ketat terhadap PPKM Mikro menjadi salah satu dari delapan rekomendasi guru besar UI untuk menangani pandemi Covid-19 sebelum diberlakukannya PPKM Darurat.

Salah satu rekomendasi tersebut berbunyi dan pengawasan ketat disertai sanksi yang tegas sesuai peraturan yang dijalankan seluruh aparat penegak hukum (TNI, POLRI, Satgas Covid-19, satpol PP, serta aparat perlindungan masyarakat lain.

Halaman:

Editor: Eka Buana Putra

Sumber: pikiran-rakyat.com

Tags

Terkini

PDIP Jawa Barat Rekomendasikan Arteria Dahlan Dipecat

Jumat, 21 Januari 2022 | 11:49 WIB
X