10 Cara Generasi Muda Mengisi dan Memaknai Kemerdekaan

- Sabtu, 13 Agustus 2022 | 02:22 WIB



Indonesia sudah lama merdeka dari penjajahan. Lantas apa saja cara generasi muda untuk mengisi kemerdekaan ini? Selain belajar dengan giat, kamu bisa mengikuti cara-cara berikut.

Bangsa Indonesia telah memproklamasikan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945, tepat tanggal itulah mimpi rakyat Indonesia tercapai. Setelah menelusuri perjalanan yang panjang, rakyat Indonesia mampu bersatu mengusir penjajahan dari tanah air.

Karena itulah, memori Hari Kemerdekaan ini tidak akan pernah terlupakan dari benak rakyat Indonesia sampai saat ini. Setiap tanggal 17 Agustus setiap tahunnya, rakyat Indonesia selalu merayakannya dengan upacara pengibaran bendera merah putih dan acara seru di lingkungan sekitar.

Selain itu, acara HUT RI ini juga diperingati untuk mengingat kembali perjuangan pahlawan yang telah gugur di medan perang. Nah, perjuangan tersebut kini dilanjutkan oleh generasi muda untuk mempertahankan dan mengisi kemerdekaan yang sudah diraih dengan susah payah melalui perjuangan para pahlawan yang sudah mempertaruhkan jiwa dan raganya.


Lalu bagaimana cara generasi muda masa kini untuk mengisi kemerdekaan? Berikut ini hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk mengisi kemerdekaan.

Baca Juga:Filosofi dan Visualisasi Logo: HUT ke-77 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia

1. Pengabdian ke Masyarakat
pemuda melakukan pengabdian di daerah Terlibat dalam kegiatan sosial dan pelayanan masyarakat merupakan salah satu cara yang kini banyak dilakukan oleh para pemuda. Dengan kegiatan ini, Toppers dapat memberikan manfaat kepada sesama.

Kegiatan pengabdian ke masyarakat biasanya dilakukan untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat pedalaman. Misalnya pemberian cek kesehatan dan pengobatan, atau mengajar anak-anak di daerah tersebut.

2. Mendukung Perkembangan Produk dalam Negeri
warung dengan berbagai jajanan lokal
Sumber Gambar: Mitra Tokopedia

Banyak dari anak muda Indonesia yang lebih merasa bangga saat menggunakan produk dari brand-brand ternama di dunia. Tanpa disadari, hal tersebut justru dapat mematikan pertumbuhan dari brand-brand lokal yang beberapa di antaranya juga memiliki kualitas produk yang tidak kalah dengan brand luar.

Halaman:

Editor: Ayu Wiharyati

Sumber: Tirto.id, Hipwee

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PLN Batalkan Program Konversi Gas LPG ke Kompor Listrik

Selasa, 27 September 2022 | 20:17 WIB

Gampang! Ini Syarat dan Cara Membuat KTP Digital

Sabtu, 24 September 2022 | 14:53 WIB

Diduga Reza Arap Selingkuh, Nama Rossa di Seret!

Rabu, 21 September 2022 | 12:13 WIB
X