Gubernur Riau Secara Resmi Buka Perhelatan MTQ XL Tingkat Provinsi Riau di Bagansiapiapi

- Senin, 25 Juli 2022 | 12:34 WIB
 (Jhoni/HRC)
(Jhoni/HRC)

HALUANRIAU.CO, ROKAN HILIR - Gubernur Riau H Syamsuar secara resmi telah membuka perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) XL tingkat Provinsi Riau yang dilaksanakan di Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Minggu (24/7/2022) malam.

Pembukaan MTQ ke 40 yang dipusatkan di taman Budaya, Batu Enam tersebut ditandai dengan penekan tombol sirine dan pemukulan beduk yang berlangsung dengan begitu meriah dan disaksikan ribuan masyarakat.

Perhelatan MTQ XL tingkat Provinsi Riau kali ini diikuti sebanyak 581 peserta dari 12 Kabupaten dan kota. Adapun rincian peserta yakni, Kabupaten Bengkalis sebanyak 50 orang, Indragiri Hilir 52 orang, Indragiri Hulu 52 orang, Kampar 53 orang, Kepulauan Meranti 14 orang, Kuantan Singingi 52 orang.

Kemudian, Kabupaten Pelalawan 52 orang, Rokan Hilir 55 orang, Rokan Hulu 53 orang, Siak 53 orang, Dumai 44 orang, dan kota Pekanbaru 53 orang.

Gubernur Riau H Syamsuar dalam sambutannya mengatakan, Provinsi Riau adalah Provinsi yang memiliki budaya melayu dan sangat identik dengan islam dan tentunya memiliki kuantitas islam yang sangat tinggi.

Baca Juga: Bermodalkan Es Krim, Kakek Cabuli Cucu Kandung Berkali-kali

Namun kata Gubernur, kuantitas saja tanpa di bareng dengan kwalitas maka akan sulit tercapai. Sehingga, perbaikan kwalitas wajib di lakukan.

"Melalui MTQ ini kita berupaya agar alquran senantiasa di pelajari dan diamalkan agar tumbuh keinginan dalam mempelajari alquran," katanya.

Tujuan pelaksanaan MTQ ini lanjutnya, memang prestasi adalah utama. Namun, disamping itu syiar islam juga sangat penting.

Gubernur menerangkan, tahun 2022 ini MTQ ke 40 tingkat Provinsi Riau di amanahkan dilaksanakan di Rohil. Dimana, beberapa tahun sebelumnya pelaksanaan MTQ tidak dapat dilakukan karena pandemi Covid-19 dan ini merupakan perdana dilaksanakan.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PLN Batalkan Program Konversi Gas LPG ke Kompor Listrik

Selasa, 27 September 2022 | 20:17 WIB

Gampang! Ini Syarat dan Cara Membuat KTP Digital

Sabtu, 24 September 2022 | 14:53 WIB
X