Dubes Ukraina Ingatkan Ri Tipu Muslihat Putin

- Selasa, 5 Juli 2022 | 13:12 WIB
Presiden Jokowi Ketika berbincang dengan Vladimir Putin  (Ist)
Presiden Jokowi Ketika berbincang dengan Vladimir Putin (Ist)

HALUANRIAU.CO, NASIONAL - Duta besar Ukraina untuk Indonesia, Vasyl Hamianin mengingatkan kepada Indonesia untuk tidak mempercayai begitu saja janji-janji yang dilontarkan oleh Presiden Rusia, Vladimir Putin saat Presiden Jokowi menemuinya di Istana Kremlin.

Didalam pertemuan kedua pimpinan negara tersebut diketahui Putin menawarkan sejumlah bantuan dan investasi kepada Indonesia termasuk membantu membangun Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Hamianin menjelaskan bahwa apa yang disampaikan oleh Presiden Putin merupakan metode umum yang selalu dilakukan negara tersebut dan mengumpamakannya seperti sebuah sogokan.

Menurutnya, hal tersebut dilakukan Putin untuk menjelaskan bahwa negara beruang tersebut masih hebat, namun demikian ia menekankan bahwa Rusia itu hanya mampu memproduksi gas.

Baca Juga: Klub Milik Legenda Brazil, Ronaldo Nazario Tertarik Datangkan Takefusa Kubo

"Itu adalah metode umum yang selalu dilakukan Rusia, seperti sogokan, tetapi Rusia mencoba membuktikan negaranya masih hebat. Anda tahu tidak, masalahnya adalah Rusia tidak mampu memproduksi apapun, kecuali mungkin gas," kata Hamianin dalam konferensi pers, Selasa (5/7/2022).

"Saya pikir tak berguna bagi Rusia untuk mencoba membuktikan kehebatan mereka dan mencoba membuktikan mereka dapat bekerja sama, kecuali memeras dan mengancam dunia," lanjutnya.

Sejak dimulainya invasi Rusia ke Ukraina pada bulan Februari lalu hingga kini, Rusia terus diisolasi dan diberikan sanksi di hampir seluruh sektor termasuk perekonomian terutama dari negara-negara barat.

Rusia-pun juga kini tengah dihadapi situasi gagal bayar bunga utang luar negeri untuk pertama kalinya dalam sejarah sejak Revolusi Bolshevik satu abad yang lalu.

Tipu muslihat yang dilakukan oleh Putin tersebut, menurut Hamianin juga merupakan pengalihan fokus dari permasalahan yang sebenarnya terjadi.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Sumber: CNN Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pertalite Kritis, Masyarakat Diminta Berhemat

Kamis, 11 Agustus 2022 | 17:37 WIB

LPSK Sebut Istri Fredy Sambo Kurang Kooperatif

Rabu, 10 Agustus 2022 | 18:06 WIB

Perdana, AHM Hadirkan Program Vokasi Berbasis TEFA

Rabu, 3 Agustus 2022 | 17:55 WIB
X