Kemnaker Sebut Berupaya Tingkatkan Jumlah Peserta Program Pemagangan ke Jepang

- Rabu, 29 Juni 2022 | 00:02 WIB
 (Andre Benz)
(Andre Benz)

HALUANRIAU.CO, NASIONAL - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terus berupaya untuk meningkatkan jumlah peserta untuk ikut Program Pemagangan di Jepang.

Hal tersebut diungkapkan oleh Dirjen Binalavotas Kemnaker, Budi Hartawan saat berdialog dengan Asosiasi Penyelenggara Pemagangan Luar Negeri (AP2LN) di Tokyo, Jepang.

Budi menjelaskan bahwa peluang untuk program pemagangan ke Jepang ini menjadi salah satu momentunm untuk peningkatan kompetensi SDM di Indonesia.

" Peluang magang di Jepang ini, menjadi momentum baik bagi Kemnaker untuk terus mendorong berbagai upaya peningkatan kompetensi SDM Indonesia," ujar Dirjen Binalavotas Kemnaker, Budi Hartawan melalui Siaran Pers Biro Humas Kemnaker, Senin (27/6/2022).

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa program ini merupakan bagian dari pelatihan kerja, namun demikian para peserta yang berminat untuk mengikuti program tersebut harus memenuhi kompetensi dan keterampilan kerja agar sesuai dengan kebutuhan industri di Negeri Sakura tersebut.

Baca Juga: AS Monaco Resmi Boyong Takumi Minamino dari Liverpool

"Sesungguhnya pelatihan kerja dengan pola pemagangan luar negeri dimaksudkan sebagai upaya peningkatan kemampuan SDM kita mendekati standar kompetensi industri multinasional agar nantinya mampu bersaing di pasar kerja global," kata Budi.

Budi juga mengharapkan jika sekembalinya dari program pemagangan ke Jepang tersebut, tenaga kerja magang dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilannya selama ia belajar di sana.

Budi Hartawan mengungkapkan sejak tahun 1993 hingga saat ini, Pemerintah Indonesia telah memberangkatkan peserta pemagangan ke Jepang kurang lebih 94.348 orang peserta.

"Saat ini sekitar 13.699 orang masih mengikuti pemagangan di Jepang,"  ujarnya.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Sumber: Kemnaker

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pertalite Kritis, Masyarakat Diminta Berhemat

Kamis, 11 Agustus 2022 | 17:37 WIB

LPSK Sebut Istri Fredy Sambo Kurang Kooperatif

Rabu, 10 Agustus 2022 | 18:06 WIB

Perdana, AHM Hadirkan Program Vokasi Berbasis TEFA

Rabu, 3 Agustus 2022 | 17:55 WIB
X