Kabar Baik! Ijin Hutsos Riau Direalisasikan Menteri Siti Nurbaya di HLH 2022

- Minggu, 5 Juni 2022 | 20:05 WIB
 (Istimewa)
(Istimewa)

HALUANRIAU.CO, NASIONAL - Kabar baik bagi kelompok pengusul perhutanan sosial atau hutsos di Riau. Bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup se Dunia yang diperingati tiap tanggal 5 Juni 2022, usulan ijin hutsos dari dua Kabupaten di Riau telah mendapat persetujuan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Hutsos menjadi salah satu program andalan pemerintahan Presiden Joko Widodo, untuk mengatasi kesenjangan dan mewujudkan kesejahteraan seperti dalam hal akses kelola lahan. Tidak untuk konsesi, ijin hutsos justru diberikan kepada kelompok petani. Secara administratif usulan hutsos Riau yang telah disetujui berasal dari Kabupaten Kepulauan Meranti dan Rokan Hulu.

''Alhamdulillah kerja bareng jemput bola atau jareng jebol yang menjadi strategi Menteri LHK Siti Nurbaya untuk percepatan hutsos sangat efektif di lapangan. Ijin hutsos di dua kabupaten tersebut prinsipnya sudah selesai. Dalam prosesnya tidak ada dipungut biaya dan cepat selagi semua syarat lengkap. Ini merupakan bukti keseriusan Ibu Menteri Siti Nurbaya untuk menggesa percepatan hutsos di Riau,'' ungkap Tenaga Ahli Menteri LHK, Afni Zulkifli, Minggu (5/6/2022) saat ditemui pada peringatan HLH 2022 di Pekanbaru.

Baca Juga: 21 Tahun Ngemis Bermodalkan Proposal, Pria di Gorontalo Miliki Tabungan Ratusan Juta

Diterimanya usulan hutsos di dua Kabupaten ini menjadi langkah maju setelah sebelumnya hutsos di Riau sempat berjalan sangat lambat. Padahal ada sekitar 1 juta ha untuk masyarakat Riau yang telah dialokasikan dalam Peta Indikatif Alokasi Perhutanan Sosial (PIAPS).

''Semoga dengan keluarnya ijin hutsos di dua kabupaten, para pendamping multipihak di lokasi calon hutsos lainnya semakin semangat mendampingi kelompok masyarakat. Sebagaimana arahan Ibu Siti Nurbaya, kita harus selalu bersama rakyat dan dampingi rakyat dapatkan haknya melalui ijin hutan sosial. Inilah nilai aktualisasi sebagaimana semangat hari lingkungan hidup se dunia tahun ini,'' tambah Afni.

Aktualisasi Lingkungan Hidup

Berbagai aktualisasi aspek lingkungan dan kehutanan telah terjadi dalam 6-7 tahun terakhir. Hal ini tertuang dalam sambutan Menteri LHK Siti Nurbaya yang dibacakan pada peringatan HLH 2022 di Pekanbaru.

Diantara aktualisasi itu seperti mengatasi kesenjangan dan mewujudkan kesejahteraan dalam hal akses kelola lahan. Dengan alokasi hutsos seluas 12,7 juta ha dan TORA seluas 4,1 juta ha, pemerintah akan menggeser penguasaan lahan dari tadinya hanya 4 % untuk rakyat menjadi 29-31 %.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Artikel Terkait

Terkini

Perdana, AHM Hadirkan Program Vokasi Berbasis TEFA

Rabu, 3 Agustus 2022 | 17:55 WIB

Jabatan Tito Karnavian Berakhir Besok, Terus?

Kamis, 14 Juli 2022 | 12:14 WIB
X