Pertengahan Juni 2022 Plat Nomor Putih Bakal Diberlakukan, Berikut Penjelasannya

- Selasa, 31 Mei 2022 | 15:54 WIB
Plat putih yang dikeluarkan Polri mempunyai spesifikasi khusus seperti terdeteksi kamera ETLTE. (Korlantas Polri)
Plat putih yang dikeluarkan Polri mempunyai spesifikasi khusus seperti terdeteksi kamera ETLTE. (Korlantas Polri)

HALUANRIAU.CO, NASIONAL - Kakorlantas Polri telah menetapkan target untuk penerapan TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) terbaru akan diterapkan pada pertengahan Juni 2022 mendatang.

Plat yang dulu dasarnya bewarna hitam, kini diubah menjadi warna dasar putih yang bertujuan untuk mempermudah penerapan ETLE atau Electronic Traffic Law Enforcement yang saat ini sudah mulai di berlakukan di beberapa daerah.

Kepala Sub Direktorat STNK Ditregident Korlantas Polri, Kombes Pol M Taslim Chairuddin menjelasan bahwa material plat dasar putih tersebut mulai di distribusikan ke jajaran polda di seluruh Indonesia mulai awal Juni 2022.

Ia mengungkapkan bahwa pada pelaksanaannya nanti tidak semua kendaraan dapat mengganti plat dari warna dasar hitam ke putih.

Baca Juga: Tips Dukung Orang Tua Ajarkan Body Image dan Self Love pada Anak

Taslim menjelaskan bahwa penerapan tersebut akan dilakukan secara bertahap dan yang diutamakan adalah kendaraan-kendaraan pembelian baru dan kendaraan yang habis masa berlaku 5 tahunnya.

"Kendaraan nanti yang daftar baru yang datang ke kantor, yang membutuhkan TNKB, karena materialnya sudah menggunakan spesifikasi baru. Tentu kami akan berlakukan demikian, yang perpanjangan STNK lima tahunan otomatis TNKB-nya habis masa berlakunya," jelasnya.

Baca Juga: Alami Rem Blong, Truk Tronton Tabrak Mushola di Desa Kasang

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Sumber: Suara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pertalite Kritis, Masyarakat Diminta Berhemat

Kamis, 11 Agustus 2022 | 17:37 WIB

LPSK Sebut Istri Fredy Sambo Kurang Kooperatif

Rabu, 10 Agustus 2022 | 18:06 WIB
X