Persiapkan, 5 Hal ini sebelum Memutuskan Lanjut Kuliah S2

- Sabtu, 28 Mei 2022 | 23:03 WIB
5 Hal ini sebelum Memutuskan Lanjut Kuliah S2 (Pixabay.com)
5 Hal ini sebelum Memutuskan Lanjut Kuliah S2 (Pixabay.com)


Jenjang karier dan pekerjaan tertentu, dewasa ini, menuntut pelamarnya memiliki kualifikasi yang lebih tinggi mendadari sekadar S-1. Namun, mendaftar ke jenjang S-2 tidak semudah itu. Apalagi bila tidak ada persiapan yang detail.


Berbeda dengan mendaftar kuliah D-3 atau S-1, mendaftar S-2 memiliki syarat yang agak ribet. Oleh karena itu, persiapan mengenai syarat-syarat harus dilakukan dengan baik. Inilah sembilan hal penting yang harus dipersiapkan untuk mendaftar S-2.


Kamu perlu memastikan 5 hal berikut ini sudah siap secara matang
Jika kamu memutuskan untuk melanjutkan jenjang pendidikan ke S2, kamu harus memastikan beberapa persiapannya agar tidak kelabakan. Ya, seperti yang kita tahu untuk mencapai hasil yang maksimal maka kita harus melakukan banyak persiapan matang bukan? termasuk melanjutkan S2.

Baca Juga:https://riau.harianhaluan.com/dunia/pr-112336311/inspiratif-bangga-8-artis-tanah-air-ini-dapat-beasiswa-kuliah-di-luar-negeri

1.Kampus yang dituju
Langkah awal adalah dengan menentukan kampus mana yang akan kamu tuju. Kamu perlu mempertimbangkannya secara matang agar tidak menyesal di kemudian hari. Jangan lupa untuk mencari banyak informasi dari website resmi kampus tersebut agar kamu semakin yakin.


2. Jurusan
Segera tentukan jurusan apa yang akan kamu ambil di universitas yang kamu tuju. Cari bagaimana kualitas sampai mata kuliah dan ketentuan-ketentuan apa saja yang ada di dalamnya.


3. Biaya
Pertimbangkan biaya masuk dan selama menempuh pendidikan di sana. Kamu harus bisa mempertimbangkan bagaimana kemampuan kamu untuk membayarnya. Jika dirasa kemampuan finansialmu kurang mendukung maka kamu perlu mencari informasi beasiswa yang dapat membantu membiayai pendidikan dan biaya hidupmu selama kuliah. Tak perlu khawatir karena saat ini ada banyak beasiswa yang bisa kamu ambil.


4. TOEFL
Pastikan bahwa kamu sudah memiliki sertifikat TOEFL dengan skor yang tinggi atau paling tidak skor rata-rata. Hal ini penting karena selain pelengkap persyaratan administrasi juga sangat membantu kamu untuk bisa memahami materi perkuliahan dengan baik karena di jenjang S2 kamu akan terbiasa dengan jurnal internasional yang berbahasa inggris.


5. Siapkan rencana penelitian yang akan diambil
Perlu kamu ketahui bahwa mempersiapkan rencana penelitian sejak dini sebelum melanjutkan S2 akan dapat membantu kamu untuk bisa lulus lebih awal atau paling tidak tepat waktu. Karena dengan begitu kamu bisa memanfaatkan banyak waktu untuk mencicil dan memperdalam penelitian kamu sebelum akhirnya kamu ajukan sebagai penelitian untuk thesismu.

Kamu bisa mengambil penelitian yang sesuai dengan minat dan kemampuanmu atau bisa juga melanjutkan penelitianmu sewaktu skripsi di jenjang S1 dulu.

Halaman:

Editor: Ayu Wiharyati

Sumber: Kompas.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pertalite Kritis, Masyarakat Diminta Berhemat

Kamis, 11 Agustus 2022 | 17:37 WIB

LPSK Sebut Istri Fredy Sambo Kurang Kooperatif

Rabu, 10 Agustus 2022 | 18:06 WIB

Perdana, AHM Hadirkan Program Vokasi Berbasis TEFA

Rabu, 3 Agustus 2022 | 17:55 WIB
X