Baru Lulus Seleksi, 105 CPNS Mengundurkan Diri

- Jumat, 27 Mei 2022 | 11:39 WIB
Ilustrasi CPNS (Istimewa)
Ilustrasi CPNS (Istimewa)

HALUANRIAU.CO, NASIONAL - Tercatat sebanyak 105 CPNS yang dinyatakan lulus tes seleksi penerimaan pada tahun 2021 yang lalu memilih untuk mengundurkan diri.

Hal tersebut disampaikan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui Kepala Biro Hukum, Hubungan Masyarakat, dan Kerja Sama, Satya Pratama dimana ia menyatakan bahwa instansi yang terdapat CPNS yang mengundurkan diri tersebut dapat mengajukan kembali formasi yang telah di tinggalkan tersebut pada penerimaan CPNS mendatang.

Ia juga menambahkan bahwa formasi yang kosong itu juga bisa diisi oleh formasi PPPK atau pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja.

Dari 105 CPNS yang memilih mengundurkan diri tersebut, terbanyak di Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sebanyak 11 orang, selain itu kementerian lain yang terdapat CPNS yang mengundurkan diri yaitu, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (1 orang), Kementerian Badan Usaha Milik Negara (satu orang), Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (2 orang), Kementerian Kesehatan (2 orang), Badan Intelijen Negara (1 orang), dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (1 orang).

Baca Juga: Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Syafii Maarif Meninggal Dunia

Berdasarkan Permenpan RB, No. 27 Tahun 2021 tentang Pengadaan Pegawai Negeri Sipil, disebutkan bahwa pelamar yang sudah dinyatakan lulus namun memilih mengundurkan diri, maka Penjabat Pembina Kepegawaian harus mengumumkan pembatalan kelulusan yang bersangkutan.

Setelah itu, PPK memberikan usulan pergantian pelamar kepada ketua Panselnas untuk mendapatkan pengganti yang didasari pada pelamar yang memperoleh peringkat tertinggi kedua atau urutan yang berada di bawah pelamar yang memilih mengundurkan diri.

Baca Juga: Korupsi ADK dan DK Panipahan Laut, Penghulu dan Ayahnya Segera Disidangkan

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Sumber: Okezone

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pertalite Kritis, Masyarakat Diminta Berhemat

Kamis, 11 Agustus 2022 | 17:37 WIB

LPSK Sebut Istri Fredy Sambo Kurang Kooperatif

Rabu, 10 Agustus 2022 | 18:06 WIB

Perdana, AHM Hadirkan Program Vokasi Berbasis TEFA

Rabu, 3 Agustus 2022 | 17:55 WIB
X