Gaji ke-13 PNS Cair Pada Juli 2022 Hanya Untuk Beberapa Kriteria, Berikut Detailnya

- Rabu, 4 Mei 2022 | 17:49 WIB
Ilustasi Gaji PNS (Instagram/@pnshits)
Ilustasi Gaji PNS (Instagram/@pnshits)

HALUANRIAU.CO, NASIONAL - Menkeu, Sri Mulyani Indrawati telah mengumumkan soal gaji ke-13 ASN yang diatur pada PP Nomor 16 tahun 2022.

Gaji yang rencananya cair pada Juli 2022 tersebut, ternyata ada kriteria ASN yang tidak mendapat gaji ke-13.

Aturan yang tertuang pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 75/PMK/05/2022 Tentang Petunjuk Tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya dan Gaji Ketiga Belas Kepada Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan Tahun 2022 yang Bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Baca Juga: CEO Tesla, Elon Musk Bakal Bikin Twitter Jadi Berbayar Khusus untuk Penguasa dan Komersial

Dijelaskan dalam aturan tersebut, THR dan gaji ke-13 tidak diberikan kepada PNS, Prajurit, TNI, dan anggota Polri yang termasuk dalam dua kategori yang terdapat dalam pasal 5, yakni:

  1. Sedang cuti di luar tanggungan negara
  2. Sedang ditugaskan di luar instansi pemerintah, baik di dalam negeri maupun di luar negeri yang gajinya dibayar oleh instansi tempat penugasan.

"Ini seperti yang selama ini yang dilakukan, tujuannya untuk membantu seluruh aparatur terutama pada saat menjelang tahun ajaran baru yang dilaksanakan pada bulan Juli, yang biasanya identik dengan kebutuhan-kebutuhan belanja bagi putra-putri atau anak-anak dari ASN/PNS, TNI, dan Polri," ujar Sri dalam konferensi pers THR dan Gaji Ke-13 yang dikutip Rabu (4/5/2022).

Kemudian, dia berharap pemberian gaji ke-13 menjadi salah satu faktor pendorong aktivitas ekonomi masyarakat, sehingga proses akselerasi pertumbuhan ekonomi tetap terjaga.

Baca Juga: Imbas Hepatitis Misterius Akut Ditemukan di Indonesia, Kemenkes Keluarkan SE

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Sumber: Okezone.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

10 Hari Lagi, Gaji ke-13 PNS Cair

Selasa, 21 Juni 2022 | 12:03 WIB

Indonesia Raih Penghargaan Kependudukan dari PBB

Selasa, 14 Juni 2022 | 10:13 WIB
X