BMKG Himbau Masyarakat Waspada Potensi Tsunami di Malam Hari Akibat Gunung Anak Krakatau Berstatus Level 3

- Selasa, 26 April 2022 | 02:27 WIB
Gunung Anak Krakatau (GAK)
Gunung Anak Krakatau (GAK)

HALUANRIAU.CO, NASIONAL - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan himbauan kepada seluruh masyarakat di sekitar Gunung Anak Krakatau untuk tetap waspada adanya potensi tsunami atau gelombang tinggi pada malam hari.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati usai penetapan status dari level 2 ke level 3 dari salah satu gunung api paling mematikan di dunia ini.

"Dengan meningkatnya aktivitas Gunung Anak Krakatau dari level 2 menjadi level 3 yang disampaikan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Badan Geologi, maka masyarakat diminta untuk waspada terhadap potensi gelombang tinggi atau tsunami terutama di malam hari," ujar Dwikorita dalam konferensi pers diikuti secara virtual, Senin (25/4/2022).

Lebih lanjut, Dwikorita menjelaskan bahwa berdasarkan sejarah aktivitas dari Gunung Anak Krakatau sendiri pernah menimbulkan tsunami beberapa kali, dan ia menyebutkan bahwa sulit untuk bisa melihat secara visual adanya gelombang tinggi yang mendekati pantai pada malam hari.

Baca Juga: Persiapkan Exit Tol Bangkinang, Bupati Kampar Koordinasi dengan Kemterian PUPR RI

"Dan tentunya waspada terhadap potensi gelombang tinggi sesuai dengan informasi yang disampaikan oleh BMKG," ujar dia.

Ia meminta kepada masyarakat untuk tidak terpancing isu yang tidak bertanggung jawab dan kemudian untuk memastikan informasi hanya bersumber dari PVMBG, Badan Geologi, dan BMKG serta BPBD.

"Perlu dipahami waspada bukan evakuasi, waspada artinya berhati-hati dengan meningkatkan kesiapsiagaan dan dengan tetap memperhatikan informasi dari pihak berwenang yaitu BMKG badan geologi dan BNPB," ungkap Dwikorita.

Baca Juga: Buktikan Produktivitas Warga Binaan, Lapas Bangkinang Raih Peringkat Dua Nasional

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Sumber: Suara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

10 Hari Lagi, Gaji ke-13 PNS Cair

Selasa, 21 Juni 2022 | 12:03 WIB

Indonesia Raih Penghargaan Kependudukan dari PBB

Selasa, 14 Juni 2022 | 10:13 WIB
X