Komoditas Energi dan Pangan Naik, Jokowi: Harga-harga akan Melonjak

- Senin, 14 Maret 2022 | 11:55 WIB
Presiden Jokowi  | Sumber: Tangkapan layar YouTube Setpres
Presiden Jokowi | Sumber: Tangkapan layar YouTube Setpres

HALUANRIAU.CO, NASIONAL - Kepada para gubernur seluruh Indonesia, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan harga komoditas energi hingga pangan akan terus melonjak.

"Harga minyak dunia naik dua kali lipat, belum gas, belum lagi kelangkaan pangan, yang menyebabkan harga-harga juga akan melonjak," kata Jokowi dalam Pengarahan kepada Gubernur se-Indonesia di Hotel Novotel Balikpapan, Senin (14/3).

"Dunia pada situasi tidak mudah, baik karena disrupsi kronis akibat revolusi industri 4.0 ditambah lagi kekacauan karena pandemi, ditambah lagi urusan yang namanya perang," ucap Jokowi.

Oleh sebab itu, Jokowi memerintahkan seluruh kepala daerah untuk mengubah berbagai pos belanja dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk menyesuaikan dengan kondisi sekarang.

Baca Juga: Sempat Terjadi Aksi Protes di Musprovlub KONI, Kadispora: Kedepankan Musyawarah Mufakat

"Dalam penganggaran di APBD bapak atau ibu ubah semuanya tidak seperti pada waktu yang normal dulu, jangan business as usual. APBD harus bisa kita create disesuaikan, kuncinya cuma satu kecepatan kita untuk menyesuaikan," ujarnya.

Di lain sisi, Jokowi turut menjelaskan rencana besar pemerintah pusat dalam rangka pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Nusantara. Ia menegaskan pemindahan ibu kota bukan berarti meninggalkan Jakarta, melainkan menciptakan pemerataan agar tidak terjadi ketimpangan ekonomi dan infrastruktur.

Jokowi mengklaim pembangunan IKN Nusantara akan membuat Indonesia memiliki kota dengan standar internasional serta fasilitas kelas dunia.

"Kita ingin memiliki kota yang internasional, rumah sakit internasional, perguruan tinggi internasional, sebelumnya tidak boleh, karena omnibus law sekarang boleh, bapak atau ibu Gubernur kalau mau tarik investasi dari luar boleh, silahkan," pungkas Jokowi.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: CNN Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dubes Ukraina Ingatkan Ri Tipu Muslihat Putin

Selasa, 5 Juli 2022 | 13:12 WIB

10 Hari Lagi, Gaji ke-13 PNS Cair

Selasa, 21 Juni 2022 | 12:03 WIB

Indonesia Raih Penghargaan Kependudukan dari PBB

Selasa, 14 Juni 2022 | 10:13 WIB
X