Menhan Prabowo Berencana Beli 2 Unit Kapal Selam Prancis

- Rabu, 2 Maret 2022 | 18:28 WIB
Kapal selam Scorpen dari Perancis
Kapal selam Scorpen dari Perancis

HALUANRIAU.CO, NASIONAL - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto berencana membeli dua unit kapal selam Scorepen dari Perancis.

Rencana pembelian kapal selam tersebut telah disetujui oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono.

Menurut Yudo, kapal selam Scorepen yang ingin dibeli Prabowo telah memenuhi syarat operasional perairan di Indonesia.

"Dengan karakteristik ataupun spec seperti dengan kondisi geografis laut kita, ya saya kira memenuhi syarat untuk itu," kata Yudo kepada wartawan di Mabes TNI AL, Cilangkap, Rabu (2/3).

Baca Juga: Delegasi Hukum UIR Raih Penghargaan Spirit of Jessup Award 2022

Dia menjelaskan, pemenuhan karakteristik itu berkaitan dengan ukuran atau volume kapal selam di perairan Indonesia. Dia berujar, pihaknya bahkan menginginkan kapal selam dengan berat lebih dari 1.300 gross tonage (GT).

"Jadi Scorepen saya kemarin mintanya kalau bisa di atas 1.300 GT. Scorepen ini lebih dari 1.300 tentunya memenuhi syarat untuk di perairan kita," ujarnya.

Yudo mengatakan pengadaan kapal selam ini sudah melalui diskusi panjang. Hal itu dilakukan dalam rangka memodernisasi alutsista milik TNI AL.

"Apabila itu diadakan kita setuju karena sudah melalui diskusi yang panjang untuk kapal selam yang besar itu," tuturnya.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: CNN Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pertalite Kritis, Masyarakat Diminta Berhemat

Kamis, 11 Agustus 2022 | 17:37 WIB

LPSK Sebut Istri Fredy Sambo Kurang Kooperatif

Rabu, 10 Agustus 2022 | 18:06 WIB

Perdana, AHM Hadirkan Program Vokasi Berbasis TEFA

Rabu, 3 Agustus 2022 | 17:55 WIB
X