Kemenkes Sebut Mulai April 2022, WNA Masuk ke Indonesia Tak Wajib untuk Dikarantina

- Selasa, 1 Maret 2022 | 22:44 WIB
Ilustrasi (Víctor Vázquez)
Ilustrasi (Víctor Vázquez)

HALUANRIAU.CO, NASIONAL - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebutkan bakal berencana menerapkan kebijakan baru terkait aturan karantina pada April 2022 mendatang.

Hal tersebut diungkapkan oleh Juru Bicara Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi dimana ia menyebutkan bahwa nantinya para pelaku perjalanan dari luar negeri tak wajib dikarantina saat ke Indonesia.

Ia menjelaskan bahwa aturan tersebut akan dihapus, namun dengan mempertimbangkan evaluasi dari kebijakan pengurangan jumlah karantina 3 hari, dimana kebijakan tersebut bakal berlaku pada hari ini, 1 Maret 2022.

"Pada 1 April direncanakan akan dilakukan pelaksanaan tanpa karantina untuk masuk ke Indonesia," ujar Nadia yang dikutip dari Suara.

Per 1 Maret 2022 Indonesia memangkas durasi karantina menjadi hanya 3 hari bagi pelaku perjalanan luar negeri yang sudah divaksinasi Covid-19 lengkap atau sudah booster.

Baca Juga: Erick Thohir Terkonfirmasi Positif Covid-19

Selanjutnya, jika jumlah angka kasus positif terus melandai, di 14 Maret 2022 akan di uji coba penghapusan karantina dilakukan di Bali, Batam dan Bintan.

"14 Maret 2022 uji coba tanpa karantina di Bali dengan kondisi persyaratan, karantina melihat perkembangan situasi, termasuk syarat vaksinasi dan pemeriksaan PCR," tuturnya.

Meski begitu, Nadia belum bisa memastikan lebih jauh bagaimana aturan pasti Indonesia akan menghapus aturan tersebut.

"Detail lebih lanjut, akan disusun dalam surat edaran Satgas pelaksanaan karantina ini," tutup Nadia.

Sementara itu, sejak Bali kembali dibuka untuk wisatawan mancanegara pada 14 Februari 2022 lalu, sudah ada 16 ribu wisatawan yang mengunjungi Pulau Dewata tersebut.

Baca Juga: Cetak Gol Cepat, Witan Sulaeman Bawa FK Senica Kalahkan SK 2020 Sasova

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pertalite Kritis, Masyarakat Diminta Berhemat

Kamis, 11 Agustus 2022 | 17:37 WIB

LPSK Sebut Istri Fredy Sambo Kurang Kooperatif

Rabu, 10 Agustus 2022 | 18:06 WIB

Perdana, AHM Hadirkan Program Vokasi Berbasis TEFA

Rabu, 3 Agustus 2022 | 17:55 WIB
X