Kemenag Harap Kepastian Haji dari Arab Saudi Sudah Ada Bulan Depan

- Selasa, 1 Maret 2022 | 13:06 WIB
Ilustrasi haji  (Adli Wahid/Pixabay )
Ilustrasi haji (Adli Wahid/Pixabay )

HALUANRIAU.CO, NASIONAL - Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama, Hilman Latief berharap informasi soal kepastian pelaksanaan haji tahun 2022 dari Arab Saudi bisa didapat bulan depan.

Hal itu bertepatan dengan acara Muktamar dan Pameran Internasional untuk Haji dan Umrah yang digelar Kerajaan Saudi bulan depan. Info itu Dia sampaikan saat menghadiri Rapat Koordinasi Persiapan Pemberangkatan Ibadah Haji Tahun 1443H/2022M di Asrama Haji Manado beberapa waktu lalu.

"Bulan depan, Pemerintah Arab Saudi akan menyelenggarakan Muktamar dan Pameran Internasional untuk Haji dan Umrah. Mudah-mudahan Indonesia bisa hadir dan mendapatkan informasi lebih valid dari sana, tentang berbagai hal terkait persiapan jamaah haji," ujar Hilman dalam keterangan resminya dikutip Selasa (1/3).

Tak hanya itu, Hilman memastikan Pemerintah Indonesia tengah mempersiapkan pelbagai rencana keberangkatan jamaah haji tahun ini. Salah satunya terkait anggaran yang diusulkan ke DPR RI.

Baca Juga: Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Lakukan Teropong Jantung Perdana Terhadap Pasien

"Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Agama, baru saja mengajukan anggaran ke DPR RI untuk penyelenggaraan ibadah haji. Dan usulan ini sedang dikaji, semoga dalam waktu dekat ada hasilnya," kata Hilman.

Di sisi lain, Hilman menekankan pentingnya sarana asrama haji penunjang bagi umat muslim menunaikan ibadah haji. Baginya, Asrama adalah wujud interpretasi dan imajinasi dalam menerjemahkan satu kewajiban bagi umat muslim, yakni menunaikan ibadah haji bagi orang-orang yang mampu.

"Oleh karena itu ini menjadi tantangan bagi kita semua, khususnya Kanwil dan KanKemenag, tentang bagaimana memahami situasi saat ini dimana kita sudah 2 tahun tidak memberangkatkan jemaah haji," kata dia.

Diketahui Indonesia sudah dua tahun belakangan ini tak mengirimkan jemaah hajinya ke Arab Saudi imbas pandemi virus corona.

Baca Juga: Hacker Anonymous Serbu Website Penting Rusia

Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas sempat menyinggung pemerintah RI belum mendapatkan kepastian soal pelaksanaan ibadah haji tahun ini dari Saudi.

Senada, Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Essam Al Thaqafi pada 22 Februari 2022 lalu menyampaikan Pemerintah Arab Saudi sampai saat ini belum bisa memastikan kuota jamaah haji 2022. Hal ini disebabkan pandemi covid 19 yang masih berlangsung.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: CNN Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Perdana, AHM Hadirkan Program Vokasi Berbasis TEFA

Rabu, 3 Agustus 2022 | 17:55 WIB

Jabatan Tito Karnavian Berakhir Besok, Terus?

Kamis, 14 Juli 2022 | 12:14 WIB
X