Pemerintah Indonesia Mulai Pertimbangkan Ubah Status Covid-19 Jadi Endemi

- Senin, 28 Februari 2022 | 13:04 WIB
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin  |  Sumber : Mediacenter Riau
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin | Sumber : Mediacenter Riau

HALUANRIAU.CO, NASIONAL - Pemerintah Indonesia tengah menyusun strategi mengubah status pandemi Covid-19 menjadi endemi.

"Kami juga mendapatkan arahan dari Bapak Presiden, tadi atas masukan Bapak Menko, mengenai strategi dari pandemi menjadi endemi, kami sudah siapkan protokolnya," kata Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, dikutip dari Antara, Minggu (27/2/2022).

Budi menjelaskan Presiden Jokowi meminta agar keputusan tersebut dipertimbangkan secara matang, dengan memperhatikan berbagai pendekatan baik dari sisi sains, kesehatan, sosial, budaya dan ekonomi.

"Arahan Bapak Presiden agar diterapkan dengan hati-hati dan agar pertimbangan saintifik-nya, pertimbangan kesehatannya, digunakan secara berimbang dengan pertimbangan sosial budaya maupun ekonomi," katanya.

Baca Juga: KPU RI Sebut Tak Ada Alasan Untuk Tunda Pemilu 2024

Dia mengatakan di berbagai negara yang sudah mencabut berbagai pembatasan terkait Covid-19, mereka mempertimbangkan berbagai pendekatan, tidak hanya pendekatan kesehatan dan saintifik saja.

"Kami memahami bahwa tidak bisa hanya pertimbangan kesehatan atau saintifik saja yang digunakan, dan itu juga yang terjadi di negara-negara lain," kata Budi.

Oleh karena itu Presiden Jokowi meminta kajian pertimbangan berbagai pendekatan tersebut dilakukan secara seimbang, sehingga pemerintah dapat menghasilkan keputusan yang baik dan tepat.

Editor: Taufik Ilham

Sumber: Indozone.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pertalite Kritis, Masyarakat Diminta Berhemat

Kamis, 11 Agustus 2022 | 17:37 WIB

LPSK Sebut Istri Fredy Sambo Kurang Kooperatif

Rabu, 10 Agustus 2022 | 18:06 WIB

Perdana, AHM Hadirkan Program Vokasi Berbasis TEFA

Rabu, 3 Agustus 2022 | 17:55 WIB
X