BNPB Memastikan Fenomena Tanah Bergerak Usai Gempa di Pasaman Barat, Bukanlah Likuifaksi, Namun?

- Minggu, 27 Februari 2022 | 16:09 WIB
Tangkapan layar tanah bergerak yang viral di media sosial di Malampah, Kabupaten Pasaman usai Gempa Jumat (25/2/2022)
Tangkapan layar tanah bergerak yang viral di media sosial di Malampah, Kabupaten Pasaman usai Gempa Jumat (25/2/2022)

HALUANRIAU.CO, JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menegaskan bahwa video tanah bergerak yang tengah viral sesaat setelah gempa di Pasaman Barat pada 25 Februari 2022 yang lalu bukanlah likuifaksi ataupun hal yang sama terjadi pasca gempa bumi di Palu, Sulteng pada 2018 lalu.

Hal tersebut disampaikan oleh Plt Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, dimana pihaknya telah menemukan fakta terkait hal tersebut.

"Dari temuan fakta hasil kaji cepat dan pemetaan, maka fenomena yang terjadi di Pasaman dipastikan bukanlah likuefaksi. Tetapi, banjir lumpur akibat longsor yang terjadi di hulu," kata Abdul Muhari kepada wartawan, Minggu (27/2/2022).

Dari keterangan tersebut sejalan dengan temuan dari BPBD di Kabupaten Limapuluh Kota menemukan adanya titik-titik longsor di wilayah hulu Talamau yang akibatnya terjadi banjir lumpur yang menghantam rumah-rumah warga.

Baca Juga: Jalin Silaturahmi, PB Samsat Pekanbaru Bermain Imbang Melawan PB Bintang Timur Perawang

"Didapatkan dokumentasi visual dari pesawat nirawak atau drone yang secara jelas memperlihatkan ada titik-titik longsoran di hulu Talamau, yang kemudian masuk ke sungai dan terbawa aliran sungai ke hilir dan menghantam beberapa rumah penduduk," jelasnya.

Ia juga menjelaskan bahwa fenomena banjir lumpur tersebut justru lebih mirip dengan banjir sedimen yang terjadi di Sigi, Sulawesi Tengah.

"Kejadian ini lebih mirip dengan sedimen yang terjadi di Sigi akibat luapan bah bercampur pasir dari Sungai Poi yang berasal dari longsoran akibat gempa 2018 Palu. Mengimbau masyarakat agar berpartisipasi meredam kabar yang belum diyakini kebenarannya," jelas Abdul Muhari.

Baca Juga: Hari ini Aktris Gong Seung Yeon Berulang Tahun ke 29, Wajahnya Masih Tetap Cukup Menawan

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Perdana, AHM Hadirkan Program Vokasi Berbasis TEFA

Rabu, 3 Agustus 2022 | 17:55 WIB
X