Menteri Risma Janji Siapkan Lumbung Sosial di Pasaman Barat

- Sabtu, 26 Februari 2022 | 17:13 WIB
Mensos Risma tinjau kondisi warga pasca gempa yang terjadi di Pasaman Barat
Mensos Risma tinjau kondisi warga pasca gempa yang terjadi di Pasaman Barat


HALUANRIAU.CO, NASIONAL - Pasca gempa yang mengguncang Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat pada Jumat (25/2) kemarin, hari ini (26/2) Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini kunjungi lokasi bencana.

Dalam kesempatan itu Mensos Risma meninjau kondisi warga di Nagari Kajai, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat.

Kepada warga Risma berjanji menyiapkan lumbung sosial untuk menyediakan kebutuhan pokok bagi warga.

"Ke depan, kami akan siapkan lumbung sosial. Kenapa kami siapkan, agar masyarakat bisa mandiri, jadi tidak tergantung, karena jarak lokasi warga jauh ke kantor Bupati," kata Risma di posko pengungsian, Sabtu (26/2/2022).

Lumbung sosial itu diharapkan membuat warga terdampak bencana bisa mandiri setelah kejadian. Risma juga membagikan sejumlah bantuan kepada warga berupa tenda, makanan siap saji, hingga peralatan bayi.

Baca Juga: Saling Rebutan Pacar, Satu Terkapar Luka Tusuk

"Jadi jika terjadi sesuatu, warga bisa mandiri. Lumbung sosial, pemerintah daerah yang tahu titiknya di mana," ujarnya.

Dia mengatakan Kemensos hadir membantu para penyintas bencana lewat Taruna Siaga Bencana (Tagana). Dia mengatakan Kemensos juga berkoordinasi dengan dinas sosial setempat untuk membantu warga.

"Kemensos telah hadir membantu para penyintas bencana segera setelah bencana terjadi melalui Taruna Siaga Bencana. Berkoordinasi dengan dinas sosial setempat dan instansi terkait, Tagana melakukan pendataan, mengevakuasi korban ke lokasi aman, dan mendistribusikan bantuan logistik," katanya.

Sebelumnya, gempa dengan magnitudo 6,2 terjadi di Pasaman Barat. Diketahui, sebanyak delapan orang tewas akibat gempa tersebut.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: Detik News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pertalite Kritis, Masyarakat Diminta Berhemat

Kamis, 11 Agustus 2022 | 17:37 WIB

LPSK Sebut Istri Fredy Sambo Kurang Kooperatif

Rabu, 10 Agustus 2022 | 18:06 WIB

Perdana, AHM Hadirkan Program Vokasi Berbasis TEFA

Rabu, 3 Agustus 2022 | 17:55 WIB
X