BMKG Peringatkan Potensi Hujan Es hingga April 2022

- Selasa, 22 Februari 2022 | 14:42 WIB
Ilustrasi (Pixabay)
Ilustrasi (Pixabay)

HALUANRIAU.CO, NASIONAL - Fenomena hujan es, hujan lebat disertai kilat dan angin kencang diperingatkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) masih dapat terjadi hingga Maret-April 2022 disejumlah wilayah Indonesia.

"Potensi cuaca ekstrem berupa puting beliung, hujan es, hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang masih dapat terjadi hingga Maret-April mendatang," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto dalam keterangan tertulisnya, Selasa (22/2).

"Kami menghimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya potensi cuaca ekstrem tersebut serta dampak yang dapat ditimbulkan berupa bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, jalan licin, pohon tumbang," imbuhnya.

Kejadian cuaca ekstrem berupa fenomena hujan es telah terjadi dalam sepekan terakhir di beberapa wilayah seperti Surabaya, Lampung, Bekasi, dan wilayah lainnya.

Baca Juga: Jokowi Sampaikan Kepala Otorita IKN yang Dilantik Pekan Depan Bukan Kader Partai

Kejadian tersebut disertai dengan hujan intensitas lebat dalam durasi singkat dengan kilat/petir dan angin kencang.

Guswanto menjelaskan, hujan es merupakan salah satu fenomena cuaca ekstrem yang terjadi dalam skala lokal dan ditandai dengan jatuhan butiran es dari awan serta dapat terjadi dalam periode beberapa menit.

Fenomena hujan es dapat terjadi karena dipicu oleh pola konvektifitas di atmosfer dalam skala lokal-regional yang signifikan.

Hujan es dapat terbentuk dari sistem awan konvektif jenis Cumulonimbus (Cb) yang umumnya memiliki dimensi menjulang tinggi yang menandakan bahwa adanya kondisi labilitas udara signifikan dalam sistem awan tersebut.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: CNN Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dubes Ukraina Ingatkan Ri Tipu Muslihat Putin

Selasa, 5 Juli 2022 | 13:12 WIB

10 Hari Lagi, Gaji ke-13 PNS Cair

Selasa, 21 Juni 2022 | 12:03 WIB

Indonesia Raih Penghargaan Kependudukan dari PBB

Selasa, 14 Juni 2022 | 10:13 WIB
X