Hotman Paris Tanggapi Polemik JHT: Di Mana Letak Keadilannya?

- Sabtu, 19 Februari 2022 | 17:20 WIB
Sentil Menaker Ida Fauziyah, Hotman Paris Kritik Pencairan JHT Usia 56 Tahun: di Mana Keadilannya? (Foto: @hotmanparisofficial)
Sentil Menaker Ida Fauziyah, Hotman Paris Kritik Pencairan JHT Usia 56 Tahun: di Mana Keadilannya? (Foto: @hotmanparisofficial)

HALUANRIAU.CO, NASIONAL - Program Jaminan Hari Tua (JHT) yang dikeluarkan oleh Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziah melalui Permenaker No. 2 Tahun 2022 terus menuai polemik di tengah-tengah masyarakat.

Permasalahannya adalah banyaknya para pekerja yang keberatan karena dana yang mereka kumpulkan melalui program JHT itu hanya bisa dicairkan saat usianya 56 tahun ataupun ketika mereka meninggal dunia.

Pengacara kondang Hotman Paris Hutapea pun angkat bicara terkait UU tersebut.

Melalui video di akun instagramnya @hotmanparisofficial, ia menekankan pentingnya asas keadilan dalam pembuatan sebuah peraturan.

“Inti pokoknya adalah ibu menteri, dalam membuat peraturan harus dipikirkan nalar, abstraksi hukum dan keadilan,” ungkap Hotman Paris melalui akun instagramnya pada Sabtu, 19 Februari 2022.

Baca Juga: Mendag Minta Distributor Salurkan Minyak Goreng Secara Cepat dan Masif

Ia pun meminta Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah untuk merenungkan peraturan yang dibuatnya karena akan sangat mempersulit para pekerja.

Pasalnya menurut Hotman Paris Hutapea, bahwa para pekerja yang di-PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) tidak akan bisa mencairkan uangnya yang telah ditabungnya sebesar 2% dari gaji/bulan sebelum berusia 56 tahun.

“Si pekerja yang bekerja 10 tahun setiap bulan gajinya dipotong 2% per tahun, dipotong untuk dimasukkan dalam jaminan hari tua, ditambah 3,5% dari majikan. 10 tahun lebih uang itu masuk dalam jaminan hari tua dan itu adalah uang dia,” kata Hotman Paris.

“Tiba-tiba dia misalnya di-PHK pada umur 32, dengan peraturan ibu menteri tenaga kerja, maka dia tidak bisa mengambil/mencairkan jaminan hari tua tersebut karena menurut peraturan ibu hanya bisa diambil umur 56.” ungkapnya.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Sumber: Suara Merdeka

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pertalite Kritis, Masyarakat Diminta Berhemat

Kamis, 11 Agustus 2022 | 17:37 WIB

LPSK Sebut Istri Fredy Sambo Kurang Kooperatif

Rabu, 10 Agustus 2022 | 18:06 WIB

Perdana, AHM Hadirkan Program Vokasi Berbasis TEFA

Rabu, 3 Agustus 2022 | 17:55 WIB
X