Buruh Menduga, Dana Jaminan Hari Tua BPJS Ketenagakerjaan Rp350 Triliun Dipakai Pemerintah untuk Danai Proyek

- Rabu, 16 Februari 2022 | 14:46 WIB
Presiden Partai Buruh, Said Iqbal, saat demo di DPR RI, Jakarta, Jumat, 11 Februari 2022. /Dok Istimewa/
Presiden Partai Buruh, Said Iqbal, saat demo di DPR RI, Jakarta, Jumat, 11 Februari 2022. /Dok Istimewa/

HALUANRIAU.CO, NASIONAL - Presiden Serikat Buruh, Said Iqbal menduga bahwa aturan yang dibuat oleh pemerintah melalui Kemnaker terkait penundaan bayar klaim Jaminan Hari Tua (JHT) hingga batas usia minimal 56 tahun tersebut diduga terkait adanya kekurangan dana yang terkumpul dari kepersertaan BPJS Ketenagakerjaan sendiri.

Pihaknya meminta kepada DPR RI hingga BPK untuk menyelidiki kecurigaan para buruh terkait penggunaan dana JHT milik buruh tersebut yang diduga tidak transparan.

"Kami meminta kepada BPK dan DPR RI membentuk Pansus untuk menyelidiki penggunaan dana JHT agar terkuat kemana dana JHT milik buruh,," tutur Said Iqbal.

Kemudian, pria yang berusia 53 tahun tersebut menduga dana JHT milik buruh digunakan pemerintah untuk program lain yang tidak ada hubungannya dengan JHT.

Baca Juga: Cekik Istri hingga Tewas, Simpan Jasad 3 Hari di Kamar Mandi

"Kemana dana yang kurang lebih Rp550 triliun, JHTnya 70% sekitar Rp350 tiliun, jangan jangan dipakai untuk program Pemerintah lain," kata Said Iqbal.

Ia menjelaskan bahwa penolakan terhadap Permenaker nomor 2 tahun 2022 juga di lakukan di beberapa daerah lainnya seperti Surabaya, Batam, Makassar, Banjarmasin, Aceh dan kawasan industri lainnya.

Said Iqbal juga menekankan bahwa pihak buruh hanya menuntut dua hal kepada pemerintah yakni, pertama pencabutan dari Permenaker nomor 2 tahun 2022 yang mengatur tentang batasan usia untuk mencairkan dana JHT pada usia 56 tahun dan kedua adalah memberhentikan Menteri Tenaga Kerja (Menaker), Ida Fauziah dari jabatannya.

"Menaker ini sudah cukup sering melukai hati buruh, kebijakannya selalu pro pengusaha dan kebijakan meninggalkan kepentingan buruh," tegas Said Iqbal.

Baca Juga: Jenazah Dorce Gamalama Disalatkan sebagai Laki-laki, Ustaz: Tak Semua Keinginan Terlaksana

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Sumber: Okezone

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pertalite Kritis, Masyarakat Diminta Berhemat

Kamis, 11 Agustus 2022 | 17:37 WIB

LPSK Sebut Istri Fredy Sambo Kurang Kooperatif

Rabu, 10 Agustus 2022 | 18:06 WIB

Perdana, AHM Hadirkan Program Vokasi Berbasis TEFA

Rabu, 3 Agustus 2022 | 17:55 WIB
X