Aprindo Bantah Minyak Goreng Langka karena Ditimbun Ritel Modern

- Jumat, 11 Februari 2022 | 11:29 WIB
Minyak Goreng (Ilustrasi) (Istimewa/Haluan Riau)
Minyak Goreng (Ilustrasi) (Istimewa/Haluan Riau)

HALUANRIAU.CO, NASIONAL - Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), Roy Nicholas Mandey membantah tudingan bahwa minyak goreng langka karena ditimbun ritel modern.

Menurut Roy, kelangkaan yang terjadi saat ini karena pasokan minyak goreng dari produsen dan distributor belum sepenuhnya optimal.

Selain itu, animo masyarakat membeli minyak goreng murah sangat tinggi, sehingga stok minyak goreng murang yang dijual di ritel modern cepat habis, hanya dalam waktu 1-3 jam setelah dipajang di rak.

Baca Juga: Cara Mudah Bayar Pajak Mobil secara Online

"Bagaimana mungkin kita (ritel modern) timbun. Ini tidak masuk di akal sehat, ketika saat ini kita sendiri masih belum terpenuhi pasokan berdasarkan purchasing order kepada distributor minyak goreng. Aksi borong masyarakat di gerai-gerai kami juga sangat tinggi, sehingga minyak goreng langsung habis terjual. Jadi darimana stoknya untuk dijual ke masyarakat," ujar Roy, dikutip dari iNews, Jumat (11/2/2022).

Menurut dia, tidak ada urgensi atau kepentingan mengapa ritel modern harus menahan stok minyak goreng di gudang. Lantaran, gudang peritel sangat terbatas karena berisikan berbagai macam barang.

Selain itu, model bisnis ritel modern adalah pengecer yang langsung menjual produk ke end user atau konsumen akhir. Sehingga tidak akan mungkin menjual barang-barangnya kepada agen atau pihak lain lagi.

"Kami menyayangkan berita dan sangkaan bahwa ritel modern menghambat penyaluran minyak goreng kepada masyarakat, disaat kami mendukung sepenuhnya dan membantu pemerintah untuk mendistribusikan minyak goreng secara merata, terjangkau dan fair, kepada masyarakat" kata Roy.

Baca Juga: Jasad Wanita Berpakaian Seragam dan Menggunakan Mukena Ditemukan dalam Bungkusan Plastik

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: iNews.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pertalite Kritis, Masyarakat Diminta Berhemat

Kamis, 11 Agustus 2022 | 17:37 WIB

LPSK Sebut Istri Fredy Sambo Kurang Kooperatif

Rabu, 10 Agustus 2022 | 18:06 WIB

Perdana, AHM Hadirkan Program Vokasi Berbasis TEFA

Rabu, 3 Agustus 2022 | 17:55 WIB
X