MUI Tanggapi Terkait Heboh Soal Haji via Metaverse: Jika Dianggap Ibadah, Itu Sesat

- Rabu, 9 Februari 2022 | 16:58 WIB
Anwar Abbas reinkarnasi Ustaz Tengku Zulkarnain
Anwar Abbas reinkarnasi Ustaz Tengku Zulkarnain

HALUANRIAU.CO, NASIONAL - Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Anwar Abbas turut menanggapi proyek metaverse yang tengah di kembangkan oleh pemerintah Arab Saudi bernama "Virtual Black Stone Initiative" bertujuan untuk memberikan pengalama haji.

Menurut pria yang akrab disapa Buya Anwar Abbas tersebut menuturkan pelaksanaan ibadah haji itu wajib dihadiri secara fisik di tanah suci sebagaimana yang telah ditentukan oleh syara' yakni di Padang Arafah, Muzdalifah, Mina, Ka'bah, Shafa hingga Marwa.

Ia menegaskan bawah haji tersebut intinya adalah wukuf di Arafah dan barang siapa yang menjumpai wukuf di Arafah maka ia menjumpai haji.

"Ini artinya kalau ada orang yang tidak bisa hadir di Padang Arafah pada waktu yang telah ditentukan oleh syara' tersebut maka yang bersangkutan secara syar'iyyah tidak bisa diakui telah melaksanakan ibadah haji karena yang bersangkutan tidak bisa hadir di tempat dimaksud pada waktu yang telah ditentukan," jelas Buya Anwar Abbas dalam keterangan resminya pada Rabu (9/2/2022).

Baca Juga: Muhyiddin Yassin Mantan PM Malaysia Terkonfirmasi Positif Covid-19

Belum lagi yang menyangkut mabit di Muzdalifah, melempar jumrah di Mina, thawaf di Kakbah dan sai antara Shafa dan Marwa, itu semua harus dilakukan secara fisik di tempat dan waktu yang sudah ditentukan oleh syara'. Ketentuan itu semua sudah qath'i atau tidak boleh diubah," tegasnya.

Karena itu, KH Anwar Abbas menyatakan bahwa proyek tersebut tidak masuk dalam katagori melaksanakan ibadah haji.

Lantas Buya Anwar menegaskan bila ada seseorang yang menanggapinya sama dengan pelaksanaan ibadah haji pada umumnya, maka hal tersebut adalah sebuah bid'ah dholalah atau sesat.

Jadi tidak boleh ditolerir karena yang bersangkutan berarti telah mengacak-acak ajaran Islam yang ketentuannya telah ditentukan sendiri oleh Allah Subhanahu wa ta'ala dan Rasul-Nya," papar Buya Anwar Abbas.

Baca Juga: Terlibat Korupsi di RSUD Bangkinang, Ketua KONI Kampar Diminta Segera Serahkan Diri

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Sumber: Okezone

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pertalite Kritis, Masyarakat Diminta Berhemat

Kamis, 11 Agustus 2022 | 17:37 WIB

LPSK Sebut Istri Fredy Sambo Kurang Kooperatif

Rabu, 10 Agustus 2022 | 18:06 WIB

Perdana, AHM Hadirkan Program Vokasi Berbasis TEFA

Rabu, 3 Agustus 2022 | 17:55 WIB
X