Jokowi : Minimalkan Kontak Akan Mencegah Penyebaran Omicron

- Jumat, 28 Januari 2022 | 18:14 WIB
Ilustrasi Covid Varian Omicron (PIRO4D on Pixabay)
Ilustrasi Covid Varian Omicron (PIRO4D on Pixabay)

HALUANRIAU.CO, NASIONAL - Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan bahwa tidak semua kasus Covid-19 atau omicron membutuhkan layanan langsung, karena gejalanya tidak membahayakan, namun yang paling penting meminimalkan kontak, ini akan mencegah penyebaran yang lebih luas. 

Begitu disampaikan Presiden melalui keterangan persnya terkait perkembangan Covid-19 dalam live streaming langsung dari Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (28/1/2022). 

Disampaikan Jokowi, saat ini Indonesia masih menghadapi lonjakan kasus harian Covid-19 utamanya varian omicron. Kepala negara memperkirakan kasus ini masih akan terus meningkat dalam beberapa minggu ke depan. 

"Belajar dari lonjakan kasus varian omicron yang sudah terjadi terlebih dahulu di berbagai negara, pemerintah sudah melakukan banyak persiapan untuk menghadapinya, perbaikan berbagai sarana dan prasarana, fasilitas fesehatan disesuaikan dengan karakter varian omicron yang berbeda dengan sebelumnya dan membutuhkan penanganan yang berbeda pula salah satunya melalui layanan telemedicine atau aplikasi layanan kesehatan," jelasnya. 

Baca Juga: Intip 12 Tips Diet Ala Artis Korea, Rahasia Tubuh Ideal Menurunkan Berat 10 Kg Dalam Seminggu

Menurutnya, tak semua kasus Covid-19 atau omicron membutuhkan layanan langsung karena gejalanya tidak membahayakan. 

Ketika hasil tes PCR positif tanpa ada gejala, ia mengharapkan uuntuk melakukan isolasi mandiri di rumah selama 5 hari. 

"Meminimalkan kontak akan mencegah penyebaran (Covid-19 atau omicron) lebih luas," imbuhnya. 

Tidak hanya itu, jika masyarakat tidak ada gejala seperti batuk, pilek atau gejala demam, silakan gunakan layanan telemedicine atau ke puskesmas atau dokter terdekat, karena dengan demikian beban fasilitas kesehatan dari puskesmas sampai rumah sakit bisa berkurang.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: Media Center Riau

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X