Alasan PNS Tidak Produktif, Jokowi: Warisan Budaya Feodal

- Jumat, 28 Januari 2022 | 17:52 WIB
Presiden Jokowi (Foto: Tangkapan layar akun Youtube Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi (Foto: Tangkapan layar akun Youtube Sekretariat Presiden)

HALUANRIAU.CO, NASIONAL - Pada acara Munas ke-9 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) secara daring, Jumat (28/1/2022), Presiden Joko Widodo mengungkapkan penyebab Aparatur Sipil Negara (ASN) kerap tidak produktif.

Menurut Jokowi, warisan budaya feodal membuat ASN terbelenggu dengan zona nyaman, sehingga membuat mereka jadi terbiasa kurang produktif.

"Karena sudah sangat lama ASN berada pada zona nyaman, terbelenggu oleh warisan budaya birokrasi feodal, sehingga menjadikan ASN kurang produktif," kata Jokowi.

"Budaya ini harus berubah total. ASN Indonesia harus keluar dari zona nyaman menjadi modern dan profesional," imbuhya.

Baca Juga: Difasilitasi Pihak Kecamatan, Pengadilan Agama Kabupaten Siak Gelar Sidang Keliling

Jokowi meminta Korpri mengajak dan mendorong para ASN untuk memiliki orientasi, yaitu memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. Bukan malah sebaliknya, hanya ingin dilayani.

"Harus memiliki jiwa melayani masyarakat, bukan justru minta dilayani oleh masyarakat. Hal ini terlihat klise, tapi sangat penting dan mendasar," kata Jokowi.

Menurut Jokowi, saat ini Korpri berhadapan dengan perubahan dunia yang sangat cepat. Ekspektasi masyarakat juga menurutnya semakin tinggi.

"Masyarakat membutuhkan program yang inovatif, solusi yang kreatif, cepat untuk menyelesaikan berbagai persoalan-persoalan yang ada," kata Jokowi.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: INews.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X