Kenapa Ibu Kota Baru Dinamakan Nusantara, Ini Alasannya

- Selasa, 18 Januari 2022 | 09:58 WIB
Salah satu wajah ibu kota baru Indonesia yang akan diberi nama Nusantara (instagram.com/jokowi)
Salah satu wajah ibu kota baru Indonesia yang akan diberi nama Nusantara (instagram.com/jokowi)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Nusantara menjadi pilihan nama bagi Ibu Kota Baru Indonesia nantinya yang akan berada di Kalimantan Timur.

Ketua Panitia Khusus Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (Pansus RUU IKN), Ahmad Doli Kurnia telah mengumumkan kepada publik terhadap nama Ibu Kota Baru, Nusantara.

Menurut Ahmad Doli Kurnia pemberian nama tersebbut sudah berdasarkan banyak pertimbangan yang telah dianggap matang oleh berbagai pihak dengan tiga alasan.

"Kami menilai sampai putus nama Nusantara itu dengan pertimbangan matang, ada aspek historis, sosiologis, dan filosofis yang nanti ada penjelasan dalam RUU ini kenapa disebut Nusantara," kata Ahmad Doli Kurnia dikutip AboutMalang.com dari Pikiran-Rakyat.com.

Baca Juga: Para Petani Kopsa-M Mengaku Ditolak Saat akan Menjenguk Antony Hamzah di Tahanan Mapolres Kampar

Pemilihan nama Nusantara ini sendiri diseleksai dari 80 usulan nama ibu kota baru yang diajukan kepada Panitia Kerja RUU Ibu Kota Negara.

"Tadi kami tanya kira-kira nama IKN mau diputuskan kapan, apakah diserahkan kepada pemerintah atau disebutkan langsung dalam RUU Ini. Lalu kami sepakat langsung dimasukkan saja dalam satu bagian dalam keputusan dan ditanyakan apakah pemerintah sudah ada nama, dijawab sudah yaitu Nusantara," tutur Ahmad Doli Kurnia.

Terkait kata Nusantara yang memiliki arti tersendiri sebelumnya, Panitia Kerja RUU Ibu Kota Negara telah menyiapkan penjelasan reksional terkait kata ‘Ibu Kota Negara Nusantara’.

Baca Juga: Halangi Wartawan saat Tahap II Syafri Harto, Seorang Pria Mengaku Anggota Polda Riau, Ternyata

Hal ini tertuang pada pasal 1 ayat 2 agar tidak menimbulkan salah paham dan multitafsir.

Halaman:

Editor: Eka Buana Putra

Sumber: Aboutmalang.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X