Ingin Rayakan HUT RI ke-79 di Ibu Kota Negara Baru, Pemerintah Mulai 'Transfer' PNS Selama 2022-2024

- Senin, 17 Januari 2022 | 15:09 WIB
Desain Ibu Kota Baru (Instagram.com/ @nyoman_nuarta)
Desain Ibu Kota Baru (Instagram.com/ @nyoman_nuarta)

HALUANRIAU.CO, NASIONAL - Pemerintah akan memindahkan sebanyak 500 ribu pegawai negeri sipil (PNS) dari berbagai lembaga dan kemeterian ke kawasan Ibu Kota Negara (IKN) baru.

Pemindahaan pada tahap awal tersebut akan berlangsung selama periode 2022-2024.

Adapun pemindahan 500 ribu PNS tersebut seiring dengan pembangunan infrastruktur utama seperti istana kepresidenan, gedung DPR/MPR dan perumahan di tahap awal pembangunan IKN.

"Pembangunan dan beroperasinya infrastruktur dasar untuk 500 ribu penduduk tahap awal," tulis keterangan di situs resmi IKN, Senin (17/1).

Baca Juga: Cabuli Mahasiswinya, Dekan FISIP UNRI Nonaktif Dijebloskan ke Penjara

Tidak hanya itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga berencana untuk merayakan HUT Kemerdekaan Indonesia ke-79 di kawasan IKN pada 17 Agustus 2024 mendatang.

Kemudian, pada tahap selanjutnya yakni periode 2025-2035, akan dilakukan pengembangan fase kota berikutnya seperti pusat inovasi dan ekonomi, dan menyelesaikan pemindahan pusat pemerintahan IKN.

Selain itu, pengembangan sektor-sektor ekonomi prioritas, penerapan sistem insentif untuk sektor-sektor ekonomi prioritas, serta pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan juga akan dilakukan pada periode tersebut.

"IKN akan dibangun untuk mencapai target Indonesia sebagai negara maju, sesuai visi Indonesia 2045," tulis situs tersebut.

Baca Juga: Kepala Bappenas Sebut Jokowi Setuju Penggunaan Kata 'Nusantara' Sebagai Nama Ibu Kota Baru

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: CNN Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X