Penerima Vaksin Sinovac Dapat Booster Pfizer atau AstraZeneca

- Jumat, 14 Januari 2022 | 10:54 WIB
Ilustrasi vaksin booster (Johaehn on Pixabay)
Ilustrasi vaksin booster (Johaehn on Pixabay)

HALUANRIAU.CO, NASIONAL - Pemberian vaksin booster kepada masyarakat umum di Indonesia sudah dimulai sejak Rabu, 12 Januari 2022 lalu.

Vaksin booster tersebut diberikan gratis oleh pemerintah kepada masyarakat usia 18 tahun ke atas dan kelompok rentan terinfeksi Covid-19.

Diketahui, saat ini ada lima jenis vaksin booster yang diperbolehkan digunakan, yaitu CoronaVac, Pfizer-BioNtech, AstraZeneca, Moderna, dan Zifivax.

Kelima jenis vaksin tersebut telah mendapat izin resmi dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) pada Senin (10/1).

Baca Juga: Jaga Netralitas Kadispora Minta Revisi SK Bendahara Caretaker KONI Riau

Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, menyatakan pihaknya telah menyiapkan sejumlah alternatif vaksin yang dapat diberikan kepada kelompok prioritas.

Pembagian alternatif tersebut, didasarkan pada hasil riset yang telah dilakukan sebelumnya oleh peneliti dari dalam dan luar negeri.

Adapun alternatif yang ditawarkan pemerintah adalah, bagi mereka yang mendapat vaksin primer 2 dosis Sinovac, nantinya akan mendapat vaksin booster Pfizer atau AstraZeneca. Sementara penerima 2 dosis vaksin AstraZeneca bakal mendapat vaksin booster Moderna.

Meski begitu, Budi menyebut tak menutup kemungkinan akan muncul alternatif vaksin booster lain seiring munculnya hasil riset terbaru.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: Kumparan.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X