Kiat Sukses Daftar KIP Kuliah 2022 dan Syaratnya, Siswa Kelas 12 Merapat Sini!

- Senin, 17 Januari 2022 | 16:26 WIB
Kiat Sukses Daftar KIP Kuliah 2022 dan Syaratnya, Siswa Kelas 12 Merapat Sini, Persiapkan! (Instagram.com)
Kiat Sukses Daftar KIP Kuliah 2022 dan Syaratnya, Siswa Kelas 12 Merapat Sini, Persiapkan! (Instagram.com)

HALUANRIAU.CO, NASIONAL - Kemendikbudristek menyediakan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka untuk membantu mereka yang terkendala biaya. Dengan memegang KIP ini, mereka bisa memperoleh hak mendapatkan pendidikan tinggi di jurusan yang diinginkan.

KIP-Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat. Bantuan ditujukan bagi siswa yang memiliki potensi akademik baik, namun memiliki keterbatasan ekonomi.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim pada peluncuran KIP Kuliah Merdeka Maret 2021 lalu mengatakan, KIP Kuliah tidak hanya akan memberikan keadilan sosial tetapi juga mobilitas sosial yang lebih tinggi sehingga anak-anak yang berprestasi tetapi kurang mampu bisa mencapai mimpi setinggi-tingginya.

Pada 2021, penerima program KIP Kuliah memperoleh bantuan biaya hidup sebesar Rp 700rb/bulan yang dibayarkan setiap semester. Pembayaran KIP Kuliah sesuai masa studi normal pada tiap jenjang.

Baca Juga: Tingkatkan Kualitas SDM, Kajari Pelalawan Hadiri Sosialisasi yang Ditaja Universitas Islam Riau

Total bantuan KIP Kuliah

  1. Mahasiswa S1 menerima biaya hidup selama studi maksimal Rp 33,6 juta selama 8 semester
     
  2. Mahasiswa D3 maksimal 6 semester dengan total selama studi maksimal Rp 25,2 juta
  3. Mahasiswa D2 maksimal 4 semester dengan total selama studi maksimal Rp 16,8 juta
     
  4. Mahasiswa jenjang D1 maksimal 2 semester dengan total selama studi maksimal Rp 8,4 juta.

A. Cara daftar KIP Kuliah 2022

  1. Siswa dapat langsung melakukan pendaftaran secara mandiri di web Sistem KIP Kuliah pada laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id.
  2. Pada saat pendaftaran, siswa memasukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang valid dan aktif.
     
  3. Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan melakukan validasi NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah. NIK digunakan untuk memperoleh informasi tentang sosial ekonomi di Data Terpadu Kesenjangan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial. Siswa yang tidak/belum terdaftar di DTKS harus melengkapi data ekonomi dan aset.
     
  4. Jika proses validasi berhasil, Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang didaftarkan;
     
  5. Siswa menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dan memilih jalur seleksi yang akan diikuti (SNMPTN/SBMPTN/SMPN/UMPN/Mandiri);
     
  6. Selanjutnya, Siswa menyelesaikan proses pendaftaran di portal atau sistem informasi seleksi nasional masuk perguruan tinggi sesuai jalur seleksi yang dipilih. Proses sinkronisasi dengan sistem tersebut akan dilakukan kemudian dengan skema host-to-host.
     
  7. Bagi calon penerima KIP Kuliah yang telah dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi, dapat dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh Perguruan Tinggi sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.

Baca Juga: Berita Baik, Per Februari 2022 Indonesia Bisa Kibarkan Bendera Merah Putih di Ajang Internasional

B. Syarat peserta KIP Kuliah

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: Okezone.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X