Komite Mahasiswa Nasional Indonesia Desak Pemerintah Jamin Kehalalan Vaksin Covid-19

- Sabtu, 8 Januari 2022 | 15:52 WIB
Ilustrasi vaksin booster akan diprioritaskan untuk usia diatas 18 tahun keatas dan dilaksanakan di kabupaten/kota dengan kriteria capaian vaksinasi dosis pertama 70 ?n dosis kedua 60%. (Pixabay)
Ilustrasi vaksin booster akan diprioritaskan untuk usia diatas 18 tahun keatas dan dilaksanakan di kabupaten/kota dengan kriteria capaian vaksinasi dosis pertama 70 ?n dosis kedua 60%. (Pixabay)

HALUANRIAU.CO, NASIONAL - Pemerinta kini kembali mendapat tekanan publik untuk menggunakan vaksin covid-19 yang telah dilabeli halal oleh MUI.

Setelah sebelumnya mendapat desakan keras dari dua ormas terbesar Indonesia, Nahdatul Ulama dan Muhammadiyah serta Majelis Ulama Indonesia, kini pemerintah juga di desak oleh Komite Mahasiswa Nasional Indonesia (Komnas Indonesia).

Ketua Umum Pengurus Besar Komnas Indonesia, Imam menjelaskan bahwa pihaknya mendesak agar pemerintah Indonesia menggunakan vaksin yang telah berlabel halal dan aman.

Hal tersebut ia dasari atas kemampuan Indonesia sendiri sudah mampu memproduksi vaksin secara mandiri dan juga masyarakat Indonesia mayoritas  muslim.

"Apalagi di dalam negeri kita sudah mampu memproduksi vaksin sendiri. Ditambah lagi sudah ada vaksin yang mendapat label halal dari MUI, sehingga tidak ada alasan pemerintah untuk tidak memprioritaskan hal tersebut," tegas Imam, tertulis dalam keterangan, Sabtu, 8 Januari 2022.

Baca Juga: Sudah 2.000 Jurnalis Meninggal Akibat Covid-19

Senada dengan hal tersebut, Komunikolog Politik Nasional, Tamil Selvan juga ikut berkomentar terkait vaksin halal.

Menurut Tamil desakan agar pemerintah memperhatikan kepentingan umat Islam terkait penggunaan vaksin halal hendaknya tidak dimaknai sebagai sikap egoistik umat.

“Permintaan penggunaan vaksin halal oleh umat Islam, itu hendaknya tidak dinarasikan, tidak dimaknai seakan-akan memaksakan kehendak atau egoistik agama. Karena ini sudah menyangkut akidah dan itu perlu dihormati. Permintaan umat Islam itu harus menjadi perhatian pemerintah,” jelas Tamil.

Baca Juga: Hari ini Sebanyak 419 Jemaah Umrah Diberangkatkan ke Arab Saudi

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Sumber: Ayo Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dubes Ukraina Ingatkan Ri Tipu Muslihat Putin

Selasa, 5 Juli 2022 | 13:12 WIB

10 Hari Lagi, Gaji ke-13 PNS Cair

Selasa, 21 Juni 2022 | 12:03 WIB
X