Diguyur Hujan Sejak Tadi Malam, Banjir dan Tanah Longsor Melanda Jayapura

- Jumat, 7 Januari 2022 | 15:24 WIB
Basarnas melakukan evakuasi di Pasar Youtefa Abepura (Dok. SAR Jayapura)
Basarnas melakukan evakuasi di Pasar Youtefa Abepura (Dok. SAR Jayapura)

HALUANRIAU.CO, PAPUA - Kamis (6/1/2022) malam mulai pukul 21.00 WIT hujan mengguyur Kota Jayapura, ibu kota Provinsi Papua. Akibatnya banjir dan longsor terjadi di wilayah tersebut.

Kepala SAR Jayapura, Sunarto menjelaskan banjir merata di Kota Jayapura, termasuk pemukiman penduduk mulai dari Kotaraja, Perumnas 2, Perumnas 3 hingga Perumnas 4, termasuk pemukiman di Organda Abepura.

Banjir setinggi dada orang dewasa juga menggenangi pemukiman penduduk di Kali Acai Abepura. Pasar Youtefa yang menjadi pasar terbesar di Kota dan Kabupaten Jayapura terlihat air setinggi atap rumah.

“Warga di Kali Acai dan pemukiman warga dekat Pasar Youtefa Abepura sedang kami evakuasi, mulai pukul 01.30 WIT hingga saat ini. Sudah ada 66 orang yang dapat dievakuasi dan menempati lokasi aman untuk sementara,” jelas Sunarto.

Baca Juga: Mobil Tabrak 3 Motor, Satu Pengendara Jatuh dari Fly Over Pesing

Dikutip dari Kumparan, saat ini proses evakuasi sedang dilakukan. Tim SAR Jayapura terjunkan 3 perahu karet dan 3 rafting boat dan peralatan lainnya untuk membantu proses evakuasi.

Dalam misi penyelamatan tersebut, Tim SAR melibatkan 23 orang anggota, serta dibantu relawan dan TNI-Polri.

“Proses evakuasi dibagi menjadi beberapa tim, termasuk di Entrop Distrik Jayapura Selatan. Sampai pagi ini air masih tinggi di sejumlah lokasi. Kami fokuskan evakuasi kepada anak, perempuan dan orang tua,” jelasnya.

Hujan dengan durasi panjang itu tidak hanya menyebabkan banjir. Sunarto menerangkan, di Kloofkamp dan perbukitan Bhayangkara, Distrik Jayapura Utara juga terjadi tanah longsor.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: Kumparan.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Perdana, AHM Hadirkan Program Vokasi Berbasis TEFA

Rabu, 3 Agustus 2022 | 17:55 WIB

Jabatan Tito Karnavian Berakhir Besok, Terus?

Kamis, 14 Juli 2022 | 12:14 WIB
X