Ditengah 'Badai' Omicron, Pemberangkatan Jemaah Umrah Direncanakan Mulai Dibuka 8 Januari

- Kamis, 6 Januari 2022 | 19:15 WIB
Ilustrasi umrah (Foto: Mohammed Zayed from Pexels)
Ilustrasi umrah (Foto: Mohammed Zayed from Pexels)

HALUANRIAU.CO, NASIONAL - Meski varian Covid-19 varian Omicron sedang merebak, penyelenggaraan ibadah umrah akan dibuka kembali pada Sabtu (8/1).

Kemenag meminta jemaah umrah yang akan berangkat wajib mematuhi protokol kesehatan yang berlaku di masa pandemi.

“Pemberangkatan jemaah umrah rencananya akan kembali dibuka pada 8 Januari 2022. Karena masih dalam masa pandemi COVID-19, penyelenggaraan umrah dilaksanakan dengan pengendalian dan pengawasan terhadap kepatuhan protokol kesehatan secara ketat, baik di Tanah Air maupun di Arab Saudi dengan mengedepankan perlindungan dan keselamatan jemaah,” terang Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Hilman Latief dalam keterangannya, Kamis (6/1).

Hilman menerangkan, pihaknya telah menggelar rapat lintas Kementerian/Lembaga terkait dengan Penyelenggaraan Ibadah Umrah tahun 1443 H pada 3 Januari 2022. 

Baca Juga: BPBD Riau Ingatkan Warga yang Tinggal di Wilayah Pesisir WaspadaI Banjir Rob

Dikutip dari Kumparan, terkait rencana penyelenggaraan ibadah umrah tersebut, Menag Yaqut Cholil Qoumas telah memberikan arahan terkait kewajiban penerapan protokol kesehatan ketat selama ibadah umrah berlangsung.

“PPIU (Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah) yang akan memberangkatkan jemaah umrah juga wajib melaporkan keberangkatan melalui SISKOPATUH,” tegas Hilman.

Ketentuan lainnya adalah keberangkatan diprioritaskan bagi PPIU yang menggunakan penerbangan langsung (direct flight) melalui Bandara Soekarno Hatta.

Terkait kepulangan jemaah umrah juga wajib mengikuti kebijakan yang telah ditetapkan oleh Satgas Covid-19.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: Kumparan.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

10 Hari Lagi, Gaji ke-13 PNS Cair

Selasa, 21 Juni 2022 | 12:03 WIB

Indonesia Raih Penghargaan Kependudukan dari PBB

Selasa, 14 Juni 2022 | 10:13 WIB
X