Beberapa Kebijakan Pemerintah Berikut Kabarnya Bakal Diberhentikan di Tahun 2022

- Kamis, 6 Januari 2022 | 12:13 WIB
Ilustrasi penerima Bansos  ( kemensos.go.id)
Ilustrasi penerima Bansos ( kemensos.go.id)

HALUANRIAU.CO, NASIONAL - Selama dilanda pandemi Covid-19, pemerintah meluncurkan berbagai kebijakan untuk memberi bantuan sosial dan ekonomi masyarakat yang menyasar tak hanya rakyat miskin, tetapi para pekerja hingga pengusaha yang bertujuan menjamin konsumsi tidak mandek selama pandemi berlangsung.

Tadinya berbagai kebijakan didesain dengan jangka waktu setahun atau kurang namun dilapangan kebijakan itu berakhir dalam waktu yang bervariasi bahkan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperpanjang bantuan hingga tahun depan.

Contohnya, kebijakan restrukturisasi kredit dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang diumumkan pada Maret 2020 dan ditargetkan berakhir pada di Maret 2021, mengingat masih tingginya kebutuhan 'libur' bayar kredit, OJK kembali memperpanjang hingga 31 Maret 2022 dan lagi diperpanjang hingga Maret 2023.

Selain OJK, Bank Indonesia (BI) juga memperpanjang ketentuan uang muka atau DP nol persen untuk kredit kendaraan bermotor dan kredit pemilikan rumah (KPR) yang semula rencana mengakhirnya pada 31 Desember 2021 ditunda hingga Desember 2022 karena dianggap dapat menjaga stabilitas ekonomi dan sistem keuangan hingga tahun depan.

Baca Juga: Jadi Pahlawan Kemenangan Chelsea di FA Cup Lawan Spurs, Kai Havertz Alami Patah Jari

Meski demikian  terdapat sederet kebijakan yang rencananya disetop pada 2022, seperti :

1. Relaksasi Denda dan Bayar Minimal Kartu Kredit

BI menyetop relaksasi denda dan bayar minimal kartu kredit pada Juni 2022 mendatang dimana sebelumnya memberikan kelonggaran batas minimum pembayaran kartu kredit dari minimal 10 persen menjadi 5 persen dari total tagihan.

Awalnya, relaksasi terkait transaksi kartu kredit yang mulai berlaku sejak Mei 2020 akan berakhir pada Desember 2020, namun diperpanjang sampai akhir 2021 dan BI kembali memperpanjang sampai pertengahan 2022.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: CNN Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Baru Lulus Seleksi, 105 CPNS Mengundurkan Diri

Jumat, 27 Mei 2022 | 11:39 WIB
X