Kemenkes akan Berikan Vaksin Booster 12 Januari 2022, Ini Syarat dan Kriteria Penerima

- Jumat, 7 Januari 2022 | 15:43 WIB
Perlu Tahu! 12 Januari 2022 Ini Syarat dan Kriteria Penerima Vaksin Booster (pixabay)
Perlu Tahu! 12 Januari 2022 Ini Syarat dan Kriteria Penerima Vaksin Booster (pixabay)


HALUANRIAU.CO, NASIONAL - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI akan berencana mulai memberikan vaksin dosis ketiga (booster) pada Rabu, 12 Januari 2022 mendatang. Hal ini dilakukan di tengah ancaman penyebaran varian baru Omicron di Indonesia.

Sesuai rekomendasi Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO), vaksin booster akan diberikan ke penduduk usia di atas 18 tahun.

Pemerintah pun menyiapkan 3 opsi terkait program vaksinasi ini, yaitu program pemerintah, penerima bantuan iuran (PBI) BPJS Kesehatan, dan mandiri alias berbayar.

Menkes menyampaikan Presiden sudah memutuskan vaksinasi booster akan segera dilakukan. Rencananya dimulai pada 12 Januari mendatang.

"Saya ingin meng-update, vaksinasi booster sudah diputuskan oleh Bapak Presiden akan jalan tanggal 12 Januari, ini diberikan ke golongan dewasa di atas 18 tahun sesuai rekomendasi WHO," kata Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam jumpa pers, Senin (3/1/2022).

Baca Juga: Sebaran Omicron di Indonesia Didominasi oleh WNI dari Luar Negeri

Lantas, siapa saja penerima vaksinasi booster? Merangkum pernyataan Menteri Kesehatan dan Juru Bicara Vaksinasi, berikut kriteria dan syarat penerima vaksin booster:

  1. Penduduk usia 18 tahun ke atas;
  2. Telah mendapatkan suntikan vaksin dosis kedua minimal 6 bulan;
  3. Tinggal di kabupaten/kota yang telah mencatatkan capaian vaksinasi dosis pertama 70 persen dan 60 persen untuk dosis kedua.

Pemberian vaksin booster ini juga akan diprioritaskan untuk lansia dan orang yang memiliki komorbid atau penyakit penyerta.

Rencananya jenis vaksin yang diberikan berupa jenis yang sama dengan vaksin sebelumnya atau homolog dan dapat juga dengan jenis yang berbeda atau heterolog sesuai rekomendasi dari Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI).

Itulah kriteria dan syarat penerima vaksin booster di Indonesia pada 12 Januari mendatang.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: Okezone.com, Health Line

Tags

Artikel Terkait

Terkini

10 Hari Lagi, Gaji ke-13 PNS Cair

Selasa, 21 Juni 2022 | 12:03 WIB

Indonesia Raih Penghargaan Kependudukan dari PBB

Selasa, 14 Juni 2022 | 10:13 WIB
X