Viral Boneka Arwah atau Spirit Doll Trend di Kalangan Artis, Berikut Hukumnya Dalam Islam

- Selasa, 4 Januari 2022 | 17:39 WIB
Spirit Doll (@ivan_gunawan)
Spirit Doll (@ivan_gunawan)

HALUANRIAU.CO. SELEBRITAS - Artis Ivan Gunawan, Soimah, hingga istri Ruben Onsu, Sarwendah dan beberapa artis lainnya kini tengah menjadi viral lantaran mengakui secara terang-terangan bahwa telah mengadopsi Boneka Arwah.

Para artis tersebut memperlakukan boneka arwah tersebut seperti seorang anak dan mempercayai akan datang kebahagiaan buat mereka.

Namun bagaimanakah pandangan Islam terkati fenomena tersebut?

Mengutip dari laman rumaysho.com, kebanyakan ulama yaitu dari kalangan Malikiyah, Syafi’iyah dan Hambali berpendapat bahwa diharamkan membuat gambar dan patung kecuali untuk boneka (mainan anak-anak).

Baca Juga: Charly Van Houten Bakal Nyaleg di Pemilu 2024, Siap Tempur di Dapil Jabar VIII

Begitu pula Imam Nawawi mengikuti pendapat ini. Menurutnya dikecualikan dari larangan gambar atau patung yaitu jika dimaksudkan untuk boneka anak-anak karena ada dalil yang menunjukkan keringanan hal ini.

Jumhur atau mayoritas ulama berpendapat boneka diperbolehkan untuk mainan anak perempuan. Hal ini berdasarkan hadits ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, dimana ia berkata,

كُنْتُ أَلْعَبُ بِالْبَنَاتِ عِنْدَ النَّبِىِّ – صلى الله عليه وسلم – وَكَانَ لِى صَوَاحِبُ يَلْعَبْنَ مَعِى ، فَكَانَ رَسُولُ اللَّهِ – صلى اللهعليه وسلم – إِذَا دَخَلَ يَتَقَمَّعْنَ مِنْهُ ، فَيُسَرِّبُهُنَّ إِلَىَّ فَيَلْعَبْنَ مَعِى

"Aku dahulu pernah bermain boneka di sisi Nabi shallallahu ‘alaihi wa salam. Aku memiliki beberapa sahabat yang biasa bermain bersamaku. Ketika Rasululah shallallahu ‘alaihi wa salam masuk dalam rumah, mereka pun bersembunyi dari beliau. Lalu beliau menyerahkan mainan padaku satu demi satu lantas mereka pun bermain bersamaku." (HR. Bukhari no. 6130).

Namun praktek pada spirit doll atau boneka arwah yang memasukan jin ke dalam tubuh boneka dengan bantuan dukun, serta dipercaya bisa mendatangkan keberuntungan bagi pemiliknya hukumnya adalah syirik atau menyekutukan Allah.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Sumber: Ayo Indonesia, rumaysho.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

10 Hari Lagi, Gaji ke-13 PNS Cair

Selasa, 21 Juni 2022 | 12:03 WIB

Indonesia Raih Penghargaan Kependudukan dari PBB

Selasa, 14 Juni 2022 | 10:13 WIB
X