Harga Minyak Goreng Bakal Disubsidi Pemerintah Tahun Depan

- Rabu, 29 Desember 2021 | 11:16 WIB
Minyak goreng curah (Istimewa)
Minyak goreng curah (Istimewa)

HALUANRIAU.CO, NASIONAL - Semakin tidak tekendalinya harga minyak goreng mendorong pemerintah untuk memberikan subsidi pada minyak goreng pada tahun 2022.

Perum Bulog mengungkapkan, hal ini masih dalam pembahasan teknis antara kementerian dan lembaga.

"Ini sedang kita siapkan, kemarin sudah ada pembahasan teknis, artinya Bulog diberikan penugasan. Bulog memberikan ke produsen nanti dijual dengan harga yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Ini sedang proses mudah-mudahan segera ada keputusan," ujar Direktur Supply Chain dan Pelayanan Publik Bulog, Mokhamad Suyamto, kepada wartawan di Kantor Pusat Bulog, Selasa (28/12).

Menurut Suyamto, minyak goreng curah yang akan disubsidi sebanyak 2,4 juta ton. Nantinya minyak goreng tersebut akan didistribusikan Bulog ke seluruh daerah di Indonesia.

"Kita punya jaringan sampai seluruh Indonesia, sampai kabupaten, karena punya jaringan itu kita akan ditugaskan untuk distribusinya. Nanti harganya mengacu ke harga lelang CPO, nanti kita beli ke produsen," katanya.

Baca Juga: Korban Begal Menjadi Tersangka Usai Membunuh Begal yang Merampoknya

Mengenai pembiayaan, subsidi tersebut tidak menggunakan dana APBN, melainkan dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).

"Itu BPDPKS bukan dari APBN. Nanti tergantung harganya kita belinya harga pasar, harga pasarnya berapa, biaya distribusi Bulog berapa, nanti selisih harganya ditanggung oleh dana tadi. Ini baru pembahasan, keputusan tunggu pemerintah kemarin pembicaraan teknis saja," imbuh Suyamto.

Secara terpisah, Direktur Utama BPDPKS, Eddy Abdurrachman, mengatakan bahwa BPDPKS siap mengalokasikan dana untuk bantuan subsidi minyak goreng curah.

“Memang saat ini ada suatu wacana khususnya usulan dari Kementerian Perdagangan untuk memberikan subsidi pada minyak goreng curah. Dan ada usulan agar supaya kebutuhan dana untuk memenuhi subsidi dapat dipenuhi dari dana yang dihimpun BPDPKS,” ujar Eddy pada konferensi pers BPDPKS, Selasa (28/12).

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: Kumparan.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

10 Hari Lagi, Gaji ke-13 PNS Cair

Selasa, 21 Juni 2022 | 12:03 WIB

Indonesia Raih Penghargaan Kependudukan dari PBB

Selasa, 14 Juni 2022 | 10:13 WIB
X